Sertifikasi Mahasiswa dan Dosen, Siapkan Lulusan Unggul dan Kompeten

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 13:14 WIB
Foto Republika
Foto Republika

BANDUNG, suaramerdeka.com - Guna menghadirkan mutu lulusan yang andal, sertifikasi terhadap mahasiswa dan dosen dinilai sebagai kebutuhan. Dengan demikian, lulusan perguruan tinggi bisa menciptakan peluang lain dan tak lagi fokus mencari pekerjaan.

Hal itu jadi dasar Universitas Sangga Buana (USB) Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (YPKP) Bandung menggandeng konsultan marketing Markplus, Inc Hermawan Kertajaya dalam kerjasama pemanfaatan sumber daya dan sertifikasi.

Menurut Ketua Umum YPKP, Ricky Agusiady, proses sertifikasi dibutuhkan guna menyiapkan lulusan yang unggul dan kompeten. Tak hanya itu, para lulusan dari perguruan tinggi yang mempunyi sekitar 4 ribu mahasiswa itu pun diharapkan memiliki jiwa entrepreneurship yang dapat berdaya saing.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, D3 Humas Undip Gelar Uji Sertifikasi Profesi

“Diharapkan dengan kerjasama tersebut para alumni  setelah lulus tidak memiliki stigma ‘pencari kerja’ tetapi lebih dari itu memainkan peran sebagai job creator atau pembuka lapangan kerja," katanya dalam keterangannya, Sabtu (20/2).

Selain itu, langkah tersebut diharapkan mampu  memfasilitas para lulusan memiliki kompetensi di tingkat global. Pasalnya, pemenuhan standar global itu diperlukan guna menaikan level sehingga mencapai perguruan tinggi dunia.

Baca Juga: 10 Dosen Lolos Sertifikasi 2018

"Jadi tidak hanya memiliki kemampuan keilmuan atau soft skill tetapi juga memiliki kemampuan keterampilan atau hard skill plus bersertifikasi international," jelasnya.

“Kerjasama di antaranya untuk mengeluarkan sertifikasi marketing internasional, yang diharapkan para alumni tidak hanya menjadi job seekers tetapi mampu menjadi job creator, sejalan dengan program kuliah Merdeka yang dicanangkan oleh pemerintah,” katanya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X