Audit Kinerja Garuda Indonesia, Kementerian BUMN Diminta Libatkan BPK dan BPKP

- Sabtu, 6 November 2021 | 09:00 WIB
Pesawat Boeing 737-800 NG Garuda Indonesia. (suaramerdeka.com / Andika Primasiwi)
Pesawat Boeing 737-800 NG Garuda Indonesia. (suaramerdeka.com / Andika Primasiwi)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian BUMN diminta untuk melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit semua hal yang berkaitan dengan kinerja Garuda Indonesia.

Pelibatan BPK dan BPKP, menurut Anggota Komisi VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman, agar publik harus tahu seperti apa kinerja dan perilaku manajemen Garuda Indonesia.

“Kita tidak bisa lagi anggap Garuda Indonesia sakit karena dampak pandemi Covid-19. Justru kita harus menganggap pandemi telah membuka bobroknya BUMN Penerbangan kita, yang selama ini tertutup atau bisa jadi sengaja ditutupi,” ucap Mahfudz, Kamis 4 November 2021.

Di sisi lain, ia pun mempertanyakan bantuan pendanaan yang selama ini telah diberikan kepada pemerintah melalui persetujuan DPR RI kepada Garuda Indonesia.

Baca Juga: Konsep Smart Edutourism Akan Dikembangkan Wali Kota Semarang di Agro Wisata Plalangan

Sebab, ternyata, bantuan berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) tersebut memperlihatkan hasil yang nihil untuk menyehatkan keuangan Garuda Indonesia.

“Saya tidak mau menyaksikan Garuda Indonesia akan mengalami nasib seperti Merpati, ini tentu sangat menyedihkan bagi kita semua,” kilah politisi Fraksi Fraksi PKS ini.

Ia berharap dengan adanya audit tersebut, akan membuat segala hal terkait kinerja keuangan dan manajemen Garuda Indonesia akan semakin terbuka.

Baca Juga: Inilah Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah Agar Selalu Dilindungi Allah SWT

“Sebab, akan sangat naif apabila kita terlalu percaya atas manajemen perusahaan yang katanya sudah menjadi perusahaan terbuka ternyata menyimpan malpraktik iuran misterius dari awak Garuda kepada Manajemen Garuda yang sudah dijalankan hingga puluhan tahun,” tandas Mahfudz.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X