Radio dan Podcast Edukasi UMY di Kulon Progo, Para Guru Mendukung

Andika
- Selasa, 16 Februari 2021 | 07:18 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Di daerah dengan jaringan internet lemah atau bahkan tidak ada (blank spot) kesulitan belajar daring mengemuka. Hal ini tentu menjadi persoalan yang harus dipecahkan. Melihat situasi ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat berinisiatif menerjunkan mahasiswa dan sukses mengembangkan radio komunitas untuk edukasi dan podcast.melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Radio Edukasi di Kulon Progo, Yogyakarta.

“Materi pembelajaran sebenarnya bisa diajarkan kepada siswa dengan memanfaatkan teknologi radio, sehingga akan menghemat penggunaan paket data internet. Penggunaan teknologi tepat guna, seperti podcast audio juga bisa menjadi solusi dalam penggunaan data internet yang lebih irit,” jelas Kepala divisi pengabdian mahasiswa LP3M UMY, Dr. Aris Slamet Widodo.

Aris memberikan apresiasinya terhadap semangat berbagi dan filantropi mahasiswa peserta KKN. “Program KKN ini adalah lanjutan program KKN Muhammadiyah Mengajar yang digelar tahun 2020. Melalui KKN Radio Edukasi, mahasiswa didampingi dosen pembimbing lapangan telah berhasil memfasilitasi para guru produksi podcast edukasi yang sekaligus bisa menjadi bagian dari program siaran Radio Suara Edukasi yang dirintis UMY. Di sinilah UMY bergerak, hadir dengan nyata untuk mengabdi,” jelas Aris/

Program KKN Radio Edukasi dan Muhammadiyah Mengajar yang dijalankan UMY mendapat apresiasi dari para guru di Kulon Progo. “Program KKN yang dilakukan oleh UMY benar-benar bisa membantu sekolah di Kulon Progo. Harapan kami program KKN seperti ini terus berlanjut sehingga sekolah-sekolah Muhammadiyah semakin maju di bawah bimbingan UMY,” jelas kepala SD Muhammadiyah Penggung, Ririn Agustian S.Pd.I, yang menjadi salah satu lokasi KKN. “Melalui radio dan podcast, guru dan siswa bisa berkreativitas di saat pandemi,” tambahnya.

Salah satu inovasi menarik adalah mengembangkan podcast di berbagai TK yang menjadi lokasi yang kontennya berisi kreatifitas siswa, seperti bacaan surat pendek Alauran, doa sehari-hari, pembacaan puisi, dan menyanyi. Podcast ini tersedia di Spotify.

Editor: Andika

Terkini

X