Jelang Pilpres, PKB Ingin Ambang Batas Pencalonan Presiden Diturunkan

- Jumat, 5 November 2021 | 20:55 WIB
Ilustrasi Pilpres /Pikiran-Rakyat.com/Fian Afandi
Ilustrasi Pilpres /Pikiran-Rakyat.com/Fian Afandi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar menginginkan adanya kenaikan ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) menjadi 5%, dari sebelumnya 4%.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan bahwa pada dasarnya PKB tidak keberatan dengan usulan tersebut.

Namun, PKB mengajak partai politik (parpol) untuk duduk bersama membahas persoalan ini agar dapat membuka kembali pintu revisi Undang_Undang Pemilu.

Baca Juga: PENSAGA Hadirkan Pensi Tak Biasa, Suguhkan Theatrical Cinema

”Kami tidak keberatan namun perlu duduk bersama agar dapat membuka kembali pintu revisi UU Pemilu,” ujar Gus Jazil, Jumat (5/11/2021).

Dikatakan Wakil Ketua MPR RI ini, jika ada pembahasan revisi UU Pemilu, PKB akan mengusulkan penurunan ambang batas syarat pencalonan presiden (presidential threshold).

”Kami juga berharap ambang batas pencalonan presiden dapat dibahas lagi agar membuka kontestasi yang lebih kompetitif dan menutup pintu politik identitas,” tuturnya.

Saat ini, syarat presidential threshold sebesar 20% yang ditetapkan sejak 2009 silam.

”Kalau Presidential Threshold 20 persen itu sangat membatasi ruang gerak parpol untuk mengusung kandidat terbaik menjadi capres-cawapres. Kalau diturunkan misalnya menjadi 15 persen, itu calon akan semakin banyak dan ini jelas akan lebih menarik, lebih kompetitif dan membuka peluang semakin banyak putra terbaik bangsa untuk menjadi pemimpin nasional,” katanya.

Baca Juga: Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Vaksinasi Keliling Kembali Digencarkan

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tagar Giring Trending di Twitter, Ini Penyebabnya

Kamis, 6 Januari 2022 | 22:28 WIB

Fokus di Kabinet, Airlangga Tak Akan Mundur

Sabtu, 1 Januari 2022 | 18:32 WIB

Hasto: PDIP Doakan Suksesnya Muktamar NU

Rabu, 22 Desember 2021 | 17:46 WIB

Hanura Jateng Targetkan Lolos Verifikasi Pemilu 2024

Rabu, 22 Desember 2021 | 17:32 WIB
X