Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan

Red
- Minggu, 14 Februari 2021 | 13:46 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

PACITAN, suaramerdeka.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Bendungan Tukul yang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021).

Pembangunan Bendungan Tukul dibangun sejak enam tahun lalu dengan biaya sebesar Rp916 miliar.

"Alhamdulillah pada siang hari ini, Bendungan Tukul yang telah dimulai enam tahun yang lalu dengan biaya Rp916 milar sudah selesai dan siap difungsikan," ujar Presiden saat peresmian yang disiarkan secara langsung di Pacitan, melalui Live Channel YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: KBRI Tokyo: Tak Ada Korban Jiwa WNI Gempa di Jepang

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Tukul ini memiliki peranan yang sangat penting, untuk mengendalikan banjir, mengairi sawah, irigasi dan penyediaan air baku, yang siap menampung 8,7juta meter kubik.

"Bendungan ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu 600Ha sawah sehingga meningkatkan indeks pertanaman dari biasanya satu kali tanam padi dan tanam palawija menjadi dua kali tanam," ujar Jokowi.

Baca Juga: Tambah Kapasitas Tampungan Air di Pacitan, Keberadaan Bendungan Tukul

Jokowi berharap dengan berfungsinya bendungan ini akan menjadi infrastruktur yang penting memperkuat ketahanan panganan dan ketahanan air.

Jokowi juga meminta kepada Pemprov Jawa Timur dan Pemerintah kabupatan untuk memaksimalkan infrastruktur ini dengan sebaik-baiknya sehingga memberikan nilai tambah bagi daerah dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X