PPDB 2021 Beri Ruang Bagi Sekolah Swasta

- Rabu, 10 Februari 2021 | 19:57 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat siap melibatkan sekolas swasta dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Regulasi baru tersebut diharapkan bisa menjadikan akses pendidikan lebih merata dan memberikan banyak pilihan bagi siswa dalam menentukan sekolahnya.

Menurut Kadisdik Dedi Supandi, langkah tersebut tak terlepas dari kondisi sebelumnya akan banyaknya siswa yang tak tertampung di sekolah negeri. Sebagai perbandingan, jumlah SMA/SMK dan SLB Negeri hanya sebanyak 833 unit sedangkan swasta mencapai 4.146 sekolah.

"Dari PPDB lalu saja yang terserap terserap 41 persen," katanya kepada wartawan di Bandung, Rabu (10/2). Meski demikian, tegasnya, opsi tersebut terus dimatangkan mengingat tak semua sekolah swasta memperkuat PPDB mengingat ada pula swasta yang menerapkan biaya tinggi.

Baca Juga: Situasi Wabah Virus Corona, Masyarakat Diimbau Tak Takut Donor Darah

Selain itu, ada pula bantuan bagi siswa sekolah swasta yang dianggap rawan untuk melanjutkan pendidikan hingga Rp 2 juta. Guna formulasi yang tepat, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah swasta yang mengikuti tahapan PPDB.

Regulasi lainnya yang juga berubah adalah syarat jalur prestasi. Persyaratannya akan menggunakan nilai rapor dalam lima semester terakhir. Hal ini tak terlepas dari pengaruh akibat situasi pandemi Covid-19.

Demikian pula syarat perpindahan orang tua yang menjadi perpindahan tugas. Selain itu, proses pendaftaran PPDB tak lagi disentralkan oleh Disdik namun disebar melalui perwakilan tiap wilayah di bawah naungan mereka sebagai pelaksana.

"Kita akan sosialisasi juga. Bahwa kewenangan peran akan dibagi ke kantor cabang dinas pendidikan di masing-masing wilayah," jelas Dedi Supandi.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X