Awas! Tren Lonjakan Kasus Covid-19 Baru Mencapai 40 Persen Usai Liburan

- Sabtu, 6 Februari 2021 | 08:36 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tren lonjakan kasus Covid-19 baru bisa mencapai 40 persen setiap kali setelah liburan. Maka dari itu Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M

Jubir Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia mengatakan dari lonjakan kasus tersebut, data menunjukkan lonjakan tertinggi dipicu klaster keluarga. “Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengatasi penularan Covid-19 dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Ditambah lagi dengan menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas yang tidak perlu,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, berharap perayaan kali ini bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana sekaligus menerapkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Perayaan Imlek di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Imbauan Pemerintah

Hal ini tak lepas di mana peringatan tahun baru Imlek 2572 yang bertepatan dengan 12 Februari 2021 mendatang berjalan di tengah situasi pandemi Covid-19. Meski dirayakan dengan sederhana, diharapkan pula tidak mengurangi makna Imlek sebagai tahun, harapan, dan keberuntungan baru.

“Cara-cara baru merayakan Imlek tanpa kehilangan makna dari Imlek sebagai tahun baru, harapan baru, dan keberuntungan baru itu saya rasa tetap bisa kita lakukan dengan mempertahankan budaya Indonesia, khususnya masyarakat Konghucu dan Tionghoa, namun tetap dilakukan dengan protokol kesehatan,” ujar Menkes.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X