Stok Vaksin Covid-19 Daerah Cukup untuk Kebutuhan, Menkes: Masih Ada 47 Juta Dosis

- Rabu, 3 November 2021 | 09:12 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Setkab
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Setkab

JAKARTA, suaramerdeka.com - Stok vaksin Covid-19 yang ada di daerah dinilai cukup untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi dalam satu bulan ke depan.

Soal stok vaksin itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers usai menghadiri Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin 1 November 2021 secara virtual.

“Masih ada sekitar 47 juta [dosis] vaksin yang ada di stok provinsi, kabupaten, dan kota. Itu relatif cukup untuk cadangan suntikan satu bulan ke depan. Karena laju suntikan kita kan sekitar 50 juta [dosis] dalam lima minggu, jadi masih cukup stok yang ada di kabupaten, kota, provinsi untuk satu bulan ke depan,” ujar Menkes.

Menkes menambahkan pihaknya telah menerima sebanyak 252 juta dosis vaksin Covid-19 dan 241 juta dosis di antaranya sudah didistribusikan ke seluruh daerah di tanah air.

Baca Juga: Satreskrim Polres Blora Ungkap 6 Kasus Curanmor, 9 Tersangka Diamankan

“[Cakupan] vaksinasi sekarang kita sudah 194 juta [dosis]. Vaksinasi dosis pertama sudah 119 juta orang atau 57 persen yang sudah lengkap dosis pertama dan dosis kedua ada 73,8 juta orang atau 35 persen,” imbuhnya.

Budi memaparkan, saat ini dalam lima minggu laju vaksinasi telah mencapai 50 juta suntikan.

Dengan laju tersebut, ia berharap di akhir tahun 2021 cakupan vaksinasi dapat mencapai sekitar 300 juta dosis.

“Dengan laju seperti ini, diharapkan bahwa di akhir tahun kita bisa sampai 290-300 juta suntikan. Di mana dosis pertamanya perhitungan kami bisa 168 juta orang atau 80,9 persen, yang lengkap dosis kedua adalah 123 juta orang atau 59 persen,” paparnya.

Baca Juga: Perlu Tahu, Negara-negara Ini Rayakan Kemerdekaan pada Bulan November

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X