Mendagri Minta Pemda Monitoring Adanya KIPI

- Senin, 25 Januari 2021 | 23:24 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian minta pemerintah daerah (pemda) untuk monitoring adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Sebab seperti vaksin lainnya, KIPI bisa terjadi setelah vaksinasi covid-19.

“Kemudian melakukan monitoring untuk menjaga jangan sampai terjadi KIPI atau bisa memitigasi KIPI kejadian ikutan pasca injeksi (vaksinasi) tersebut,” kata Tito Karnavian.

Apakah KIPI itu? Mengutip dari Dasar-dasar Keamanan Vaksin WHO, KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi adalah setiap kejadian medis yang tidak diinginkan, terjadi setelah pemberian imunisasi, dan belum tentu memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin. Gejala KIPI bisa berupa gejala ringan yang dirasakan tidak nyaman atau berupa kelainan hasil pemeriksaan laboratorium.

KIPI dikelompokkan dalam lima kategori:

1. Reaksi yang terkait produk vaksin, KIPI yang diakibatkan atau dicetuskan oleh satu atau lebih komponen yang terkandung di dalam produk vaksin.

2. Reaksi yang terkait cacat mutu vaksin, KIPI yang disebabkan atau dicetuskan oleh satu atau lebih cacat mutu produk vaksin, termasuk alat pemberian vaksin yang disediakan oleh produsen.

3. Reaksi terkait kekeliruan prosedur imunisasi, KIPI yang disebabkan oleh cara penanganan vaksin yang tidak memadai, penulisan resep atau pemberian vaksin yang sebetulnya dapat dihindari.

4. Reaksi kecemasan terkait imunisasi, KIPI ini terjadi karena kecemasan pada waktu pemberian imunisasi.

5. Kejadian Koinsiden, KIPI ini disebabkan oleh hal-hal di luar produk vaksin, kekeliruan imunisasi atau kecemasan akibat imunisasi.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Kecelakaan Maut Balikpapan, Begini Kronologinya

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:44 WIB

Jateng Borong Baznas Award 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 02:59 WIB

Berikut 184 Pemenang Baznas Award 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 02:55 WIB
X