Izin Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Anak Usia 6-11 Tahun Terbit, Begini Penjelasan BPOM

- Selasa, 2 November 2021 | 07:00 WIB
Konferensi Pers Persetujuan Penggunaan Vaksin Sinovac pada Anak  ((Sumber Foto: Kanal YouTube Badan POM RI))
Konferensi Pers Persetujuan Penggunaan Vaksin Sinovac pada Anak ((Sumber Foto: Kanal YouTube Badan POM RI))

JAKARTA, suaramerdeka.com - Izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk anak usia 6 hingga 11 tahun, resmi diterbutkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Izin penggunaan darurat vaksin Sinovac itu diungkapkan Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam keterangan pers, Senin 1 November 2021 secara virtual.

“Alhamdulillah, tentunya kami bersyukur bahwa pada hari ini dapat menyampaikan pengumuman telah penerbitan izin penggunaan vaksin Covid-19 dari vaksin Sinovac CoronaVac dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma untuk anak usia 6-11 tahun,” ujar Kepala BPOM.

Penerbitan izin penggunaan vaksin Sinovac ini merujuk pada hasil penilaian keamanan dan kekebalan yang ditimbulkan terhadap Covid-19.

Baca Juga: Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama Siap Perkuat Kelembagaan NU

Dari segi efikasi sama dengan efikasi uji klinis sebelumnya.

“Hasil uji klinis anak-anak ini tentunya lebih pada aspek keamanan dan aspek imunogenisitasnya. Imunogenisitasnya menunjukkan persentase yang cukup tinggi, 96 persen. Aspek keamanan menunjukkan bahwa vaksin ini aman untuk anak usia 6-11 tahun,” terang Penny.

Proses evaluasi vaksin ini dilakukan BPOM bersama-sama dengan tim ahli yang tergabung dalam Komite Nasional Penilai Obat, ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), dan klinisi terkait lainnya.

“Kami menyampaikan apresiasi/penghargaan terhadap kerja sama yang sudah dibangun dari tim penilai obat, dalam hal ini yang terdiri dari berbagai ahli yang terlibat di dalam vaksinasi dan penggunaan vaksin, dan juga tentunya dari ITAGI dan para klinisi yang tergabung di dalam Tim Komnas Penilai Obat,” ujar Kepala BPOM.

Baca Juga: Nyeri di Tulang Ekor, dr Zaidul Akbar Sarankan 3 Hal Penting Ini

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Persen Penduduk Indonesia Terjamin Program JKN!

Senin, 30 Januari 2023 | 14:06 WIB
X