Pasien Covid-19 Sembuh Meningkat, Tergantung Jumlah Pendonor Plasma Konvaselen

- Minggu, 24 Januari 2021 | 12:15 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pasien covid-19 yang sembuh akan meningkat, tergantung pada banyaknya pendonor plasma konvaselen. Oleh sebab itu para penyintas covid-19 diharapkan mau mendonorkan plasma konvaselennya.

Hal itu disampaikan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto.

Selain itu Airlangga berharap, tahun ini bisa terbentuk herd imunity terhadap virus Covid-19 di Tanah Air. Herd immunity merupakan perlindungan dari virus penyakit menular yang terealisasi saat suatu populasi punya kekebalan lewat vaksinasi maupun imunitas.

“Semakin banyak pasien sembuh, akan mendukung harapan Presiden Joko Widodo agar terbentuk herd imunity pada tahun ini," kata Airlangga, Minggu (24/1).

Airlangga menekankan, donor plasma menjadi salah satu harapan kesembuhan bagi pasien Covid-19 selain obat-obatan dari tenaga medis. Kesembuhan ini terutama untuk pasien dengan gejala sedang hingga berat.

Ia menyampaikan, pemerintah menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) akan mendukung terapi plasma sebanyak mungkin untuk pasien Covid-19.

“Bila ada 10 persen saja penyintas Covid-19 yang melakukan donor konvalesen, maka semakin banyak pasien sembuh," lanjut Menko Bidang Perekonomian tersebut.

 

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X