Pemerintah Perbarui Aturan Perjalanan Darat, PCR Berlaku 3x24 Jam

- Senin, 1 November 2021 | 11:12 WIB
layanan tes PCR Driver Thru & Walk in
layanan tes PCR Driver Thru & Walk in

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah kembali memperbaharui aturan terbaru perjalanan darat.

Pemerintah merillis aturan perjalanan darat tersebut melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam Surat Edaran (SE) Nomor 90 Tahun 2021, revisi atas SE Menteri Perhubungan Nomor 86 Tahun 2021 tetang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Surat Edaran perjalanan darat tersebut ditandatangani Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi pada 27 Oktober 2021 lalu.

SE tersebut mengatur dokumen yang wajib dibawa pelaku perjalanan darat yang menempuh jarak minimal 250 kilometer atau 4 jam perjalanan, yakni kartu vaksin dan hasil negatif tes RT PCR atau antigen.

Baca Juga: Ini Harapan Presiden Jokowi terhadap G20

"Para pelaku perjalanan jauh dengan moda transportasi darat dan penyeberangan dengan ketentuan jarak minimal 250 km atau waktu perjalanan 4 jam dari dan ke Pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi melalui keterangan tertulis, Minggu 31 Oktober 2021.

"Dan surat keterangan hasil RT-PCR maksimal 3x24 jam atau antigen maksimal 1x24 jam sebelum perjalanan," ucapnya.

Syarat perjalanan tersebut berlaku bagi seluruh pelaku perjalanan darat baik pengguna kendaraan bermotor perseorangan, sepeda motor, kendaraan bermotor umum, maupun angkutan penyeberangan.

Sementara, bagi pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi darat dan angkutan penyeberangan dari dan ke daerah di luar Pulau Jawa dan Bali juga diberlakukan aturan serupa.

Baca Juga: Ada Simulcast, Menkominfo: Siaran TV Digital Sudah Bisa Dinikmati Sedari Sekarang

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X