Pemerintah Terapkan Prinsip GRC Selama Pandemi, Tuntut Penyesuaian Fungsi

- Senin, 1 November 2021 | 08:12 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan PPKM Terkini, Senin 6 September 2021 malam. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan PPKM Terkini, Senin 6 September 2021 malam. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah menerapkan prinsip Governance, Risk, and Control (GRC) selama pandemi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan selama masa pandemi Covid-19 menuntut adanya penyesuaian terhadap fungsi utama GRC.

Penyesuaian fungsi GRC ini sangat penting karena dapat mendorong seluruh pihak menjadi organisasi yang agile dalam recovery dan reinvention guna menjaga dan meningkatkan kinerja organisasi, menghadapi tantangan dan memenangkan preferensi konsumen.

“Pada dasarnya, implementasi GRC memiliki fungsi utama sebagai alat bantu mencapai tujuan, mewujudkan kinerja berprinsip, mengatasi ketidakpastian, serta sebagai pedoman organisasi dalam bertindak dengan berlandaskan integritas,” ujar Airlangga kala memberikan keynote speech pada acara IIA National Conference 2021 yang bertema Internal Audit Back to The Future – Emerging From The Crisis, Kamis, 28 Oktober 2021.

Baca Juga: Lagi, 5 Tempat Usaha Terpaksa Ditutup Usai Nekat Buka Melewati Tengah Malam

Menurut Airlangga, seluruh stakeholder perlu merespon dengan cepat terkait pergeseran perilaku masyarakat dan dampak pandemi, terutama bagi pelaku usaha agar dapat menjaga keberlangsungan usahanya.

Situasi ini menekankan kembali kebutuhan yang akan pentingnya GRC sebagai alarm bagi manajemen dalam menghadapi situasi yang serba tidak terduga di saat ini.

Saat ini, Pemerintah telah melakukan pelonggaran kebijakan PPKM di beberapa daerah berdasarkan evaluasi berkala atas penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Migrasi TV Digital, Menkominfo Ajak Lembaga Penyiaran Beralih Melalui Simulcast

Hal ini akan mendorong aktivitas ekonomi untuk kembali meningkat sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X