Empat Tokoh Ini Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Siapa Saja?

- Senin, 1 November 2021 | 07:30 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD saat mengumumkan penganugerahan gelar pahlawan empat tokoh daerah. (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD saat mengumumkan penganugerahan gelar pahlawan empat tokoh daerah. (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Polhukam)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Empat tokoh dari berbagai daerah dianugerahi gelar sebagai pahlawan nasional.

Nama empat tokoh tersebut yang dianugerahi gelar pahlawan tepat pada 10 November mendatang adalah (Alm) Tombo Lututu, (Alm) Sultan Aji Muhammad Idris, (Alm) H Usmar Ismail, dan (Alm) Raden Arya Wangsakara

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan, empat tokoh yang dipilih untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional didasarkan kriteria yang telah ditentukan.

"Bapak Presiden telah mengeluarkan keputusan untuk memberi gelar pahlawan kepada empat pejuang yang menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat, dan atau ikut berjuang untuk memajukan Indonesia sehingga kemerdekaan itu menjadi lebih bermakna bagi bangsa dan negara," kata Mahfud MD seperti dilansir dari kanal Youtube Kemenko Polhukam RI, belum lama ini.

Baca Juga: Migrasi TV Digital, Menkominfo Ajak Lembaga Penyiaran Beralih Melalui Simulcast

Dalam Keppres yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo, kata Mahfud MD pemberian gelar pahlawan juga mengutamakan pemerataan daerah sebagai syarat yang paling menonjol.

"Berdasar keputusan Presiden dengan kriteria banyak. Harus pernah berjuang melahirkan apa-apa yang bermanfaat bagi masyarakat, bagi kemajuan banyak.

"Syaratnya tetapi ya menonjol yang diajukan ratusan dan semua baik-baik. Maka pemerintah kali ini mengutamakan selain ketokohan yang lebih diutamakan adalah pemerataan kedaerahan," tuturnya.

Mahfud MD, yang juga menjabat Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan (DGTK), mengungkapkan empat daerah asal tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan adalah Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, DKI Jakarta, dan Banten.

Baca Juga: Pasar Modal Indonesia Ciptakan Inklusi Keuangan melalui Sentra Vaksinasi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X