Menkes: Pasien Gejala Covid-19 Ringan Idealnya Isolasi Mandiri di Rumah

- Senin, 11 Januari 2021 | 20:15 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bagi pasien yang memiliki gejala covid-19 ringan idealnya melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal ini disebabkan kapasitas tenaga kesehatan dan rumah sakit sudah tidak memungkinkan untuk menangani pasien.

Baca juga: Kasus Naik Usai Libur Panjang, Mendesak 36 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

"Mereka sudah sangat under pressure. Tolong bapak ibu, kalau misalnya bapak ibu tidak demam, dan tidak sesak napas itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri. Kalau bapak ibu punya rumah sendiri, punya kamar sendiri lakukan di rumah dan di kamar," kata Budi, Senin (11/1).

Ditambahkannya, pihaknya juga meminta kepala daerah membuatkan gedung isolasi untuk menampung pasien dalam jumlah banyak. Bisa dalam bentuk Gelanggang Olahraga atau Wisma Atlet seperti di Jakarta.

"Tempat isolasi seperti Wisma Atlet, Wisma Haji, asrama dan lain sebagainya atau mungkin hotel-hotel juga baik, mumpung sekalian bisa dipakai dan makanannya juga sudah ada fasilitas," tambahnya.

Pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah, lanjutnya, tetap dipantau oleh tenaga kesehatan. Monitoring itu dapat dilakukan oleh dokter atau pun perawat melalui sambungan telepon atau komunikasi virtual.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X