Penanganan Covid-19 Baik, US CDC Masukkan Indonesia ke Wilayah Zona Hijau

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:00 WIB
dr Reisa Broto Asmoro. (suaramerdeka.com / dok)
dr Reisa Broto Asmoro. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Terkait penanganan Covid-19 Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau US CDC di Atlanta memasukkan Indonesia ke wilayah hijau atau green zone.

Zona hijau merupakan sebuah kategori dari CDC untuk negara dengan insiden Covid-19 yang rendah dan aman untuk dikunjungi.

“Oleh karena itu, CDC meminta pelancong dari Amerika yang akan ke Indonesia sudah divaksin Covid-19 lengkap sebelum bepergian ke Indonesia,” kata Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro.

Dikatakan dr Reisa, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah sangat baik, baik di tingkat nasional maupun provinsi.

Baca Juga: Deretan Aplikasi Milik Imigrasi Surakarta Ini Makin Memudahkan Pelayanan Publik, Apa Saja?

Secara umum terjadi penurunan tren kasus Covid-19 baru mingguan di Indonesia sebesar 23 persen dan penurunan jumlah kematian sebesar 16 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

“Sampai saat ini lebih dari empat juta orang Indonesia yang terinfeksi Covid-19, namun 96,3 persen dinyatakan sembuh dan kasus aktif Indonesia berada di tingkat di bawah satu persen,” ujar dr Reisa.

Di sisi lain, kasus harian di Eropa hampir mencapai 100 ribu kasus per hari dan di Amerika Serikat mencapai lebih dari 70 ribu.

Menurut Reisa, pandemi tidak akan berakhir di Indonesia jika tidak berakhir di seluruh dunia.

Baca Juga: Mobilitas Masyarakat Meningkat, Pola Pengendalian Covid-19 Harus Konsisten

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X