PPKM Jawa - Bali, Syarat Naik Pesawat Juga Diperketat

- Senin, 11 Januari 2021 | 12:17 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat syarat naik pesawat terbang juga diperketat dengan mengeluarkan aturan baru.

Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE 3 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto mengatakan mengacu pada surat edaran di atas, ketentuan yang diatur dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 3 Tahun 2021 adalah:

Baca Juga: Satpol PP Kota Semarang Tindak Tempat Usaha yang Lebihi Batas Operasional

1. Calon penumpang pesawat udara dengan tujuan Pulau Bali wajib menunjukan surat keterangan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam atau hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

2. Calon penumpang pesawat udara dengan tujuan selain Pulau Bali wajib menunjukan surat keterangan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam atau hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

3. Persyaratan kesehatan sebagaimana disebutkan pada nomor 1, 2 tidak berlaku bagi:
a. Penerbangan Angkutan Udara Perintis
b. Penerbangan Angkutan Udara di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar)
c. Penumpang anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun

4. Mengisi e-HAC sebelum waktu keberangkatan, untuk ditunjukkan pada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan di bandara tujuan.

Baca Juga: 23 Daerah di Jateng Wajib PPKM

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X