Mobilitas Masyarakat Meningkat, Pola Pengendalian Covid-19 Harus Konsisten

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 06:15 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat  (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan, pola pengendalian Covid-19 harus lebih konsisten, tidak hanya dalam mengendalikan pergerakan masyarakat semata, tetapi juga upaya pencegahan lainnya.

Hal itu diungkapkan Lestari Moerdijat seiring pergerakan atau mobilitas masyarakat mengalami kenaikan yang berpotensi membuat lonjakan kasus Covid-19.

"Upaya pengendalian pergerakan masyarakat dinilai belum cukup untuk menekan potensi penyebaran Covid-19, tanpa diikuti sejumlah upaya lainnya," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 Oktober 2021.

Menurut catatan Satgas Covid-19, saat ini tren mobilitas masyarakat mengalami kenaikan yaitu mencapai 22,14 persen di pusat belanja, 5,43 persen di taman dan 2,86 persen di tempat retail dan rekreasi.

Baca Juga: Kampung Bitaran Diproyeksikan Jadi Rintisan Destinasi Wisata Olahan Jamur

Namun, kalangan pakar epidemiologi berpendapat, kenaikan penyebaran virus Covid-19 tidak hanya dipengaruhi faktor mobilitas masyarakat semata.

Karena, peningkatan dan penurunan jumlah kasus juga dipengaruhi banyak sekali faktor, seperti jumlah tes, ketepatan tes, varian baru, dan teknik pengendalian yang benar.

Berdasarkan kondisi tersebut, jelas Lestari, potensi ancaman gelombang ke-3 penyebaran Covid-19 yang diprediksi sejumlah pakar, harus terus ditekan lewat pengendalian faktor-faktor yang memengaruhinya.

Baca Juga: Lewat ‘Borobudur Saksi Ati’, Woro Widowati Kenalkan Kemegahan Candi sebagai Destinasi Super Prioritas

Menurut Lestari fokus pengendalian jangan hanya terhadap pengaturan pergerakan orang semata, tetapi juga jumlah testing dan tracing yang dilakukan harus memadai dan konsisten.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Heboh! Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:55 WIB
X