AGPAII Jateng Minta Kemdikbud Akomodasi Guru PAI dalam Seleksi PPPK

Achmad Rifki
- Jumat, 8 Januari 2021 | 05:04 WIB
foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang akan menyelenggarakan seleksi PPPK pada tahun 2021 ternyata tidak ada formasi untuk Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Terhadap hal ini DPW Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jawa Tengah meminta Kemdikbud agar Guru PAI diakomodir dalam PPPK. Demikian ditegaskan Ketua DPW AGPAII Jateng, Dr. Muhammad Ahsan, M.Kom dalam press releasenya (7/1).

“Aspirasi dari anggota AGPAII Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah, meminta Kemdikbud mengakomodir guru PAI mulai dari jenjang TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan SMK dalam seleksi PPPK,”tegasnya.

Lebih lanjut Ahsan yang juga alumni Doktor Unnes menjelaskan hal ini menjadi penting karena Guru PAI di sekolah merupakan ujung tombak pendidikan karakter di sekolah. Jika Kemdikbud tidak membuka formasi PPPK Guru PAI, artinya Kemdikbud tidak konsisten dengan program pendidikan karakter di sekolah. Terlebih lagi secara nyata, Pemerintah daerah juga sangat membutuhkan kehadiran formasi PPPK untuk Guru PAI ini.

“Lebih-lebih Mas Mendikbud dalam berbagai kesempatan menyampaikan wacana profil pelajar Pancasila. Tanpa ketersediaan guru Agama yang cukup, maka profil pelajar Pancasila yang diharapkan akan sangat sulit diwujudkan,” pintanya.

Mempertimbangkan Masa Pengabdian

Terkait dengan hal ini Hery Nugroho, sekretaris DPW AGPAII Jawa Tengah mendapatkan banyak pesan dari guru PAI di Jawa Tengah menanyakan informasi PPPK bagi guru PAI. “Guru-guru PAI di Jawa Tengah yang rata-rata sudah lama mengabdi berharap bisa mengikuti seleksi dan dapat diterima dalam PPPK ini. Mereka berharap masa pengabdian menjadi pertimbangan untuk diterima,” tegasnya

Lebih lanjut Hery menegaskan, usulan dari teman-teman Guru PAI Jateng khusus yang sudah mengabdi lebih dari 10 tahun dapat diterima tanpa tes. Dengan pertimbangan ini, sekaligus memberikan penghargaan kepada bapak/ibu guru yang lama mengabdi dalam bentuk afirmasi dalam penerimaan PPPK.

Editor: Achmad Rifki

Terkini

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X