Klaster Keluarga Merebak, Satgas Covid-19 Ingatkan Jaga Jarak

Red
- Kamis, 7 Januari 2021 | 15:31 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan, kasus Covid-19 di Tanah Air mayoritas terjadi di lingkungan keluarga.

Menurutnya, klaster keluarga terbentuk karena masih banyaknya orang yang beraktivitas di luar rumah. Beberapa dari mereka terpapar virus corona dan tidak bergejala, sehingga tanpa sadar telah menulari anggota keluarganya.

"Jika ada anggota yang sering beraktivitas di luar rumah, mereka mungkin sekali terpapar Covid-19," ujar Doni dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/1).

Oleh karena itu, Doni mengimbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19. Adapun protokol kesehatan 3M yang wajib diterapkan masyarakat terdiri dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak

Baca Juga: Duh!! Klaster Keluarga di Sleman Membengkak, Prokes Diabaikan

Baca Juga: Klaster Keluarga Mengancam, Covid-19 Sudah Masuk ke Satuan Unit Terkecil

"Terutama jaga jarak, sangat penting sekali. Pemimpin daerah dan pusat harus jadi teladan dan contoh," ujarnya.

Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro sebelumnya juga menyebut pentingnya protokol kesehatan 3M dalam mencegah penularan pada keluarga. Selain itu, dia menekankan pentingnya protokol kedatangan bagi anggota keluarga yang beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Bahaya! Warga Anggap Sepele Masker dan Berkumpul

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X