Ternyata WNA Ada yang Diizinkan Masuk ke Indonesia, Ini Ketentuannya

- Sabtu, 2 Januari 2021 | 23:15 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Meski sejak Jumat (1/1) pemerintah melarang masuknya warga negara asing (WNA) ke Indonesia sebagai langkah mencegah penyebaran covid-19. Namun dalam penerapannya, WNA ada yang diizinkan masuk ke Indonesia dengan beberapa ketentuan.

Baca juga: DPR Sambut Baik Penutupan Sementara Pintu Masuk WNA ke Indonesia

Kemlu Cegah WNA Masuk Indonesia, DPR: Memang Harus Dilakukan

Pemerintah Larang WNA Masuk Indonesia, Kebijakan Dinilai Sudah Tepat

Ketentuan tersebut adalah, WNA yang diizinkan masuk ke Indonesia adalah pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait kunjungan resmi pejabat asing setingkat menteri ke atas. Kemudian, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang KITAS dan KITAP.

Adanya hal ini pun, pihak PT Angkasa Pura II mencatat, sebanyak 13 WNA yang bisa masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, karena memiliki KITAS.

"Ada 13 WNA yang kita catat masuk ke Indonesia, dan tentunya mereka akan menjalani karantina terlebih dahulu," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno-Hatta, Romi Yudianto, Sabtu (2/1).

Ia menambahkan, WNA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia adalah yang dikecualikan dari penutupan sesuai dengan tercantum di dalam SE 04/2020.

"WNA bisa masuk ke Indonesia jika memenuhi kriteria pengecualian. Jika tidak, maka tidak diperbolehkan masuk," ujarnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X