Pendangkalan Sungai Ancam Produksi Bandeng Jepara

Biro Muria
- Kamis, 31 Desember 2020 | 17:02 WIB
Bupati Jepara Dian Kristiandi mengawali panen raya bandeng bersama kelompok petani tambak di Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Selasa (29/12). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Bupati Jepara Dian Kristiandi mengawali panen raya bandeng bersama kelompok petani tambak di Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Selasa (29/12). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA, suaramerdeka.com – Produksi  bandeng diharapkan terus meningkat. Potensi sangat besar, namun ada sejumlah faktor yang menjadi kendala. Diantaranya, pasokan air tambak bandeng terkedala karena pendangkalan alus sungai. Petani tambak berharap, pemerintah segera membantu mengatasinya.

Harapan tersebut disampaikan kelompok petani tambak kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi saat berlangsung Panen Raya Bandeng di Desa Clering,  Kecamatan Donorojo, Jepara, Selasa (29/12). 

Ada dua kelompok budidaya ikan bandeng di Desa Clering, yaitu Cemara Indah, dan Bakau Jaya. Petani tambak, juga berharap ada bantuan mesin penyedot pasir, serta akses jalan yang memudahkah kendaraan masuk ke sekitar tambak dan laut. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Dian Kristiandi menginstruksikan kepada dinas terkait, untuk segera menindaklanjutinya. “Silahkan ditindaklanjuti, khususnya pendangkalan sungai. Sehingga tidak menghambat produksi bandeng di Desa Clering,” ujarnya.

Bupati memberikan apresiasi kepada masyarakat, utamanya pateni tambak, pada saat pandemi masih melanda, tetap dapat mengembangkan perekonomian. ‘’ Panen raya ini, sebagai bentuk pengembangan kemandirian ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat melalui perikanan ambak. Banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dan diberdayakan unuk menggali potensi desa,” kata Bupati yang akrab dipanggil Andi itu. 

Datangnya pandemi Covid-19, ujarnya,  telah membawa dampak signifikan yang mempengaruhi setiap sendi kehidupan. Tak terkecuali pada sektor perekonomian dan pangan. Untuk itu, diperlukan inovasai baru yang dapat membangkitkan kemandirian ekonomi dan ketangguhan pangan.  “Seperti halnya sumber pangan berupa ikan bandeng yang kita panen hari ini,” kata dia. 

Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan Kabupaten Jepara Wasiyanto mengatakan, hingga November 2020, total produksi ikan bandeng yang dihasilkan di seluruh Kabupaten Jepara sebesar  8.443 ton. Potensi ini, ujarnya, harus terus digenjot guna meningkatkan ketersediaan sumber gizi dan protein bagi masyarakat. 

 Untuk sebaran tambak bandeng di Jepara, ada di dua kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Jepara. Produksi bandeng ada di Donorojo, yang berada di ujung Utara Kabupaten Jepara, -- berbatasan dengan Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Sedang di ujung Selatan, ada di Kecamatan Kedung. Budidaya bandeng di Kedung – yang berbatasan dengan Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak--  biasanya bergantian dengan produksi  garam.

Selain kedua kecamatan tersebut, di wilayah Jepara daratan, juga ada kecamatan berpantai, yakni Jepara, Mlonggo, Bangsri, dan Keling. Serta,  satu Kecamatan yag terpisah laut, kepulauan Karimunjawa.

Halaman:

Editor: Biro Muria

Terkini

X