Cara Jitu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

- Senin, 21 Desember 2020 | 01:07 WIB
SM/ Maulana M Fahmi : TPS TERBAIK : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kiri) dan CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono (kanan) menyerahkan piala dan hadiah ke juara TPS terbaik, TPS 004 Pekunden, Jumat (18/12). (24)
SM/ Maulana M Fahmi : TPS TERBAIK : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kiri) dan CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono (kanan) menyerahkan piala dan hadiah ke juara TPS terbaik, TPS 004 Pekunden, Jumat (18/12). (24)

Penyelenggaraan lomba TPS Joss! dinilai membantu menyukseskan Pilwalkot Semarang 2020. Kehadirannya turut memberikan rasa aman, nyaman, dan membuat masyarakat tertarik ke TPS.

BEBERAPA tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Wali Kota Semarang 2020 terlihat berbeda dari TPS pada umumnya. Ada aneka hiasan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menarik minat warga untuk datang dan menggunakan hak pilihnya.

Kreativitas masyarakat dan panitia pungutan suara di TPS-TPS itu turut berimbas pada tingginya tingkat kehadiran masyarakat saat pencoblosan pada 9 Desember 2020. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menceritakan perjalanan dirinya saat hendak mencalonkan kembali. Menurutnya, perhelatan Pilwalkot Semarang 2020 terbilang berat. Selain harus melawan kolom kosong, dirinya juga menghadapi kondisi pandemi Covid-19 dan masyarakat yang enggan menyalurkan hak pilihnya karena beranggapan pasangan calon tunggal pasti menang. Dia pun mengapresiasi perjuangan KPU dan Bawaslu Kota Semarang yang luar biasa, dalam hal sosialisasi terkait dengan tingkat kehadiran. Terutama, mengenai penerapan protokol kesehatan saat penyelenggaraan Pilwalkot Semarang 2020. Selanjutnya, ada upaya dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang membuat outlet-outlet dan tempat usaha untuk memberikan diskon setelah pencoblosan. Selain itu, upaya dari Suara Merdeka dan Pemkot Semarang melalui lomba TPS Joss! dalam rangka meningkatkan kehadiran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Rekor Partisipasi

”Alhamdulillah, mampu menghasilkan 68,6 persen tingkat kehadiran masyarakat datang ke TPS. Ini merupakan rekor partisipasi masyarakat dalam Pilwalkot Semarang,” terang Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, dalam sambutannya pada acara Pengumuman Pemenang dan Penganugerahan Hadiah Lomba TPS Joss! di ruang Loka Krida, lantai 8 Gedung Balai Kota Semarang, baru-baru ini. Hendi kemudian bercanda bahwa dirinya bersama Ita sebagai Wakil Wali Kota Semarang, tidak memiliki ilmu kebatinan sehingga tidak bisa mengetahui kekurangan di Kota Semarang jika tidak disampaikan. Untuk itu, keterlibatan masyarakat dirasakan penting dalam pembangunan kota. ”Jadi kalau warganya hanya membatin saja, jalannya rusak, salurannya mampet, situasinya tidak nyaman, pasti solusinya susah. Untuk mengantisipasinya, kami membuka kanal-kanal komunikasi. Bisa datang ke rumah, mau ke kantor oke, mau menggunakan Lapor Hendi oke, mau lewat WA juga oke. Semuanya demi kemajuan Kota Semarang. Bismillahhirohmannirohim, melalui upaya bergerak bersama ini, kita buat Kota Semarang menjadi lebih hebat,” ucap dia.

Sementara itu, para pemenang Lomba TPS Joss untuk berbagai kategori telah diumumkan secara eksklusif lewat kanal Youtube Suara Merdeka TV, Sabtu (19/12) pukul 19.00. Suara Merdeka Network (SMN) berkeinginan untuk terus memberikan motivasi kepada masyarakat Kota Semarang, supaya memiliki semangat berkompetisi tinggi. Pada perhelatan sebelumnya, yakni akhir 2019 hingga awal 2020, SMN menggelar Lomba Lurah Hebat. Kegiatan tersebut dinilai sukses. Salah satunya, terlihat dari antusiasme masyarakat untuk terlibat di dalamnya.

Karena itulah, SMN bekerja sama dengan Bank Jateng menggelar lomba TPS Joss! dengan menyediakan hadiah-hadiah yang menarik. CEO Suara Merdeka Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan, SMN dalam penyelenggaraan Pilwalkot Semarang 2020 mencoba memacu masyarakat berkreativitas dan berinovasi dalam hal pemembuatan TPS yang menarik. Salah satu tujuannya, mengajak para pemilih agar datang ke TPS dan menggunakan hak pilih mereka. ”Konsep acara digantikan dengan TPS Joss! yang dilaksanakan karena kebetulan bertepatan dengan pelaksanaan Pilwalkot Semarang 2020. Di luar dugaan kami, ternyata hampir seluruh TPS di Kota Semarang ingin menunjukkan performa terbaik. Saya bisa simpulkan, kalau ternyata seluruh elemen masyarakat di Kota Semarang sangat senang diajak berkompetisi dan memberikan yang terbaik untuk kotanya. Jadi, masyarakatnya hebat, Wali Kotanya hebat yang kemudian membuat kotanya menjadi hebat,” kata dia saat memberikan sambutan dalam acara Pengumuman Pemenang dan Penganugerahan Hadiah Lomba TPS Joss! di ruang Loka Krida lantai 8 Gedung Balai Kota Semarang.

Kukrit menyebutkan, animo masyarakat yang tinggi untuk mengikuti lomba TPS Joss! dapat dilihat dari keterlibatan salah satu pejabat di Pemkot Semarang yang secara pribadi menjadi investor mendanai TPS, mulai dari menyiapkan peralatan video, dekorasi, hingga menjadi bintang tamu. Bahkan, ada satu TPS yang membuat dirinya cukup terharu. Hal itu terjadi karena pajangan ornamen dekorasi menampilkan koran Suara Merdekadari masa ke masa. Kemudian TPS di tempat lain ada yang menggunakan tiga drone untuk mengambil gambar kegiatan dari sudut ke sudut. ”Kompetisi ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kota Semarang, mulai dari kebersamaannya, hasilnya, kreativitasnya, dan inovasi yang semuanya diberikan untuk kemajuan Kota Semarang yang dibanggakan dan dicintai. Ini membuktikan sinergisitas seluruh elemen, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, Kota Semarang, hingga pengusaha yang solid bersatu untuk membuat kota ini menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kukrit secara resmi mengucapkan selamat dan sukses kepada Wali Kota Semarang terpilih atas perolehan suaranya yang hampir mencapai 92 persen. Ini merupakan rekor luar biasa, karena belum pernah terjadi di Kota Semarang.

Halaman:

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

X