Hari Sumpah Pemuda, Menag: Mahasiswa adalah Masa Depan Indonesia dan Indonesia Masa Depan

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:24 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas (kemenag/dok)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (kemenag/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kesadaran sebagai warga negara penting untuk dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia. Warga negara yang baik adalah mereka yang patuh pada hukum negara serta patuh pada ajaran agamanya.

Agama menjadi unsur penting dalam berbagai segi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Para mahasiswa perlu terus membangun kesadaran sebagai warga negara dengan hak dan kewajibannya, meningkatkan wawasan kebangsaan, citizenship, dan persamaan di depan hukum.

Baca Juga: Sumpah Pemuda, Sanggar Greget Tampilkan Tarian Yuvaka Sapata Simbol Semangat Pemuda Nasionalis

"Dengan cara ini, para mahasiswa sebagai bagian dari pemuda akan sadar bahwa dirinya juga adalah komponen bangsa yang punya tugas dan tanggungjawab bersama memajukan bangsa dan negaranya. Masa depan merupakan kelanjutan masa sekarang, dan masa sekarang adalah hasil masa lampau.

Kehadiran mahasiswa dalam memikirkan dan menjawab tantangan kehidupan janganlah ditunggu sampai besok. Mahasiswa adalah masa depan Indonesia, dan Indonesia masa depan," jelas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama menyatakan strategi yang ditetapkan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia rukun dan toleran adalah melalui penguatan Moderasi Beragama yang menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama.

Pandangan ini disampaikan Menag saat menjadi pembicara dalam Webinar Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 dengan mengusung tema Semangat Membangun Negeri dalam Harmoni Keberagaman Indonesia yang digelar Universitas Indonesia (UI) secara daring.

Baca Juga: DPRD Jateng Tetapkan APBD 2022 dan Pembentukan Raperda Pesantren

Selain Gus Yaqut, turut hadir sebagai pembicara Menteri Pemuda dan Olahraga, Wakil Menteri Keuangan, Rektor Universitas Indonesia, Ketua Harmoni Indonesia, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri, Dirjen Belmawa Kemendikbud Ristek serta diiukti pimpinan dan Sivitas Akademika UI.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB
X