Pengelolaan Museum Masih Menghadapi Banyak Kendala, Perlu Dukungan Semua Pihak

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:07 WIB
Museum di Jakarta. (foto: dokumentasi museumjakarta.com)
Museum di Jakarta. (foto: dokumentasi museumjakarta.com)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Museum memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, namun hingga kini pengelolaannya masih menghadapi banyak kendala. Perlu dukungan semua pihak untuk memperbaiki pengelolaan museum di tanah air.

Menurut Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pengelolaan museum harus ditempatkan sebagai bagian dari upaya membangkitkan nilai-nilai kebangsaan.

"Biasanya bangsa-bangsa yang maju memiliki data sejarah yang terkoleksi dan terarsip dengan baik, sehingga dapat dipelajari secara komperhensif untuk menjadi dasar kajian yang bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi tantangan di masa datang," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Tata Kelola Permuseuman Nasional yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu, 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Kasus Kecurangan CPNS 2021 di Kabupaten Buol, Berawal Oknum yang Menginstal Software Remote Access

Diskusi yang dimoderatori Luthfi Assyaukanie, Ph.D (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI) itu menghadirkan Dra Sri Hartini MSi (Plt Kepala Museum Nasional), Marbawi A. Katon (Wakil Ketua Umum NU Circle), dan Amir Sidharta (Kurator, Pakar Permuseuman, Pendiri Yayasan Mitra Museum Jakarta) sebagai narasumber.

Berdasarkan masukan dari para pegiat budaya, ungkap Lestari saat ini masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam pengelolaan museum di Indonesia.

Berbagai aspek mulai dari manajemen koleksi hingga manajemen marketing dan operasional museum harus menjadi perhatian bersama dalam upaya merestorasi pola pengelolaan museum di tanah air.

Baca Juga: Transisi Energi Listrik: Dominasi Batu Bara Sebagai Pembangkit Jadi Tantangan

Perlu dukungan masyarakat untuk mendorong para pemangku kepentingan segera memperbaiki pengelolaan museum agar mampu berperan lebih dalam membangkitkan nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki.

Pelaksana Tugas Kepala Museum Nasional, Sri Hartini sependapat terkait perbaikan aspek kelembagaan untuk merestorasi pengelolaan museum menjadi lebih baik.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X