Harga RT-PCR Turun, Kemenkes: Hasil Keluar Maksimal 1x24Jam

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:45 WIB
layanan tes PCR Driver Thru & Walk in
layanan tes PCR Driver Thru & Walk in

suaramerdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali melakukan evaluasi mengenai batasan tarif tertinggi pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Aturan tersebut dikeluarkan setelah munculnya desakan dan keluhan dari masyarakat mengenai mahalnya harga tes RT-PCR.

Dikutip dari laman Kemenkes, harga RT- PCR telah ditetapkan sesuai aturan yang telah disetujui dan wajib dipatuhi oleh semua fasilitas kesehatan dan Lab yang menyediakan jasa tersebut.

Baca Juga: Musim Tanam I, Distapang Kebumen Jamin Ketersediaan Pupuk Subsidi

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir,Ph.D,Sp.THT-KL(K), MARS mengatakan evaluasi yang dilakukan melalui perhitungan biaya pengambilan dan pemeriksaan RT-PCR, terdiri dari komponen – komponen jasa pelayanan/SDM, komponen reagen dan bahan habis pakai (BHP).

Komponen biaya administrasi, Overhead, dan komponen biaya lainnya yang kita sesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Dari hasil evaluasi, kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR diturunkan menjadi Rp. 275 Ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta sebesar Rp.300 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (27/10).

Baca Juga: 34 Pohon di Semarang Tumbang Akibat Cuaca Buruk

Batasan tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR tersebut telah ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/1/3843/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan RT-PCR, dan mulai berlaku hari ini, Rabu (27/10).

Prof Kadir menekankan agar semua fasilitas pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Laboratorium dan Fasilitas pemeriksa lainnya yang telah ditetapkan oleh Menteri dapat mematuhi batasan tarif tertinggi RT-PCR tersebut.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X