SDGs Indonesia Digelar, Wujud Solidaritas dan Kerukunan Antarumat Bangkit dari Covid-19

- Selasa, 1 Desember 2020 | 16:00 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian PPN/Bappenas selaku Koordinator Pelaksanaan SDGs di Indonesia mengadakan kegiatan yang dilakukan secara virtual dalam bentuk Web seminar (Webinar) terkait refleksi pelaksanaan Tujuan 16 di Indonesia. Khususnya akibat dampak COVID dengan mendasarkan pada keadilan (fair and just) dalam pelaksanaan kebijakan penanganan pencegahan COVID-19 dan dampaknya, pada 26 November 2020 pukul 14.00 WIB melalui aplikasi virtual.

Baca Juga: SDGs, Solusi Bersama Pulihkan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19

Menurut Duta SDGs Indonesia Alissa Wahid, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka untuk menuju SDGs Annual Conference 2020 yang akan diadakan di bulan Desember 2020. Kegiatan melibatkan Duta SDGs Indonesia ini dimaksudkan sebagai wadah saling bertukar pikiran, ajang berdiskusi, berbagi pengetahuan dan ilmu, serta memberikan rekomendasi untuk pencapaian TPB/SDGs akibat dampak wabah COVID-19 pada sisi penciptaan perdamaian dan rasa aman di masyarakat dan yang mempengaruhi pencapaian Tujuan 16 dari SDGs.

"Maksud dari pelaksanaan kegiatan WEBINAR DUTA SDGs INDONESIA 2020 dengan mengangkat tema: Solidaritas dan Kerukunan Antarumat sebagai Perwujudan SDG16 Indonesia untuk Bangkit dari COVID-19 adalah untuk saling bertukar pikiran, berdiskusi, bertukar pengetahuan dan ilmu serta memberikan rekomendasi untuk pencapaian TPB/SDGs Tujuan 16 melalui peningkatan rasa solidaritas dan kerukunan antarumat, antargolongan untuk bangkit dari dampak pandemi COVID-19," ujarnya, kemarin.

Baca Juga: Sinta Nuriyah Serukan Persatuan dan Kesatuan Bersama

Baca Juga: FKUB Jateng Ingin Perbedaan Keyakinan Perkuat Kohesi Sosial

Sementara, tujuan dari kegiatan Webinar ini adalah: pertama, untuk membahas bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, pemerintah dan non- pemerintah untuk mengajak seluruh platform partisipatif secara kolektif berpikir bersama dalam upaya pencapaian TPB/SDGs khususnya Tujuan 16. Kedua, membahas isu-isu solidaritas, kerukunan antarumat dan antargolongan, intrafaith, interfaith dalam upaya pencapaian SDG16 di masa pandemic COVID-19. Ketiga, berbagi praktik baik dalam membangun solidaritas dan kerukunan antarumat dan antargolongan. Keempat, memberikan inspirasi dan rekomendasi pengambil kebijakan untuk mendukung pencapaian TPB/SDGs khususnya terkait target-target di semua Tujuan yang ada dalam TPB/SDGs yang menjunjung inklusifitas dan keadilan atau SDG16+ (plus).

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara virtual dalam bentuk Webinar. Format acara dilakukan dalam bentuk Talkshow dengan melibatkan beberapa pembicara inti dan dilanjutkan tanya jawab dan Refleksi oleh Pakar serta ditutup oleh MC/moderator.

Webinar ini akan dibuka oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Dr. (H.C.) Ir. H. Suharso Monoarfa. Talkshow dan tanya jawab dengan tema: “Solidaritas dan Kerukunan Antarumat sebagai Perwujudan SDG16 Indonesia untuk Bangkit dari COVID-19” akan dipandu oleh Moderator: Santi Kusumaningrum, Direktur PUSKAPA UI (Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak Universitas Indonesia).

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X