Ali Fikri: Bantahan Azis Syamsuddin Tidak Berpengaruh terhadap Pembuktian Surat Dakwaan Jaksa KPK

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:59 WIB
Azis Syamsudin
Azis Syamsudin

JAKARTA, suaramerdeka.com - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan, bahwa bantahan Azis Syamsuddin sebagai saksi untuk dua orang terdakwa eks penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, baru-baru ini, tidak akan berpengaruh terhadap pembuktian surat dakwaan jaksa KPK.

Akan tetapi, kata Ali, pernyataan saksi yang mengakui atau membantah adalah hak bagi saksi yang patut dihargai.

Walau KPK memastikan, sejak meningkatkan status perkara ke tahap penyidikan, telah dilandasi bukti permulaan yang kuat atas perbuatan terdakwa, dan bukan hanya bersumber dari alat bukti keterangan saksi Azis Syamsudin.

Baca Juga: Harga Tes PCR Telah Diturunkan, Masyarakat Masih Protes

Selanjutnya tim KPK akan menuliskan dan merumuskan fakta-fakta hasil sidang dari awal hingga akhir ke dalam analisis yuridis surat tuntutannya.

Diketahui, mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsudin hadir sebagai saksi dalam kasus yang menimpa Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain.

Mereka bertiga sebelumnya terlibat kasus suap, di mana Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin bersama kader Partai Golkar lain, Aliza Gunado, didakwa memberikan suap senilai Rp 3.099.887.000 dan 36 ribu dolar AS (sekitar Rp 513 juta).

Baca Juga: Festival Penutup Kepala Perempuan Nusantara, Meriahkan Hari Sumpah Pemuda dengan Ragam Kebudayaan

Total uang suap yang diberikan Azis kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju untuk mengurus kasus di Lampung Tengah sekitar Rp 3,613 miliar.

Dalam kasus itu, Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain telah menerima uang dengan jumlah keseluruhan sekitar Rp 3.099.887.000 dan 36 ribu dolar AS (sekitar Rp 513 juta).

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X