Kecelakaan LRT dan Bus Transjakarta, Puan Minta Investigasi Menyeluruh

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:12 WIB
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Sumber: dpr.go.id
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Sumber: dpr.go.id

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharami minta adakan investigasi menyeluruh untuk mengetahui akar dua kecelakaan yang terjadi awal pekan ini.

Kecelakan pertama terjadi pada Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek di ruas Cibubur-TMII, dan bus Transjakarta di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur.

Puan Maharani meminta kepada regulator maupun operator untuk memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik menyusul kecelakan itu.

“Keamanan dan keselamatan bertransportasi publik adalah hak masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus mengetahui penyebab kecelakaan, dan sebaliknya regulator maupun operator harus bisa memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik,” kata Puan Maharani dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Selasa 26 Oktober 2021, sebagaimana dikutip dari laman dpr.go.id.

Baca Juga: Teknologi Rekayasa Javaku Unimus, Bantu Petani Demak Kembangkan Usaha Produktif

Puan Maharani mengingatkan terkait target ‘zero accident’ atau tidak ada kecelakaan.

Menurutnya, kecelakaan seharusnya dapat dihindari mengingat LRT mempunyai jalur sendiri dan telah menggunakan sistem dan teknologi canggih.

Politisi fraksi PDIP ini juga mengatakan, tidak ada cara lain untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik selain terus meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara sebagai pengguna.

Puan Maharani mengaskan menjaga kepercayaan publik penting dilakukan, khususnya kepada LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru.

Terlebih, pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodetabek, yang mengalami kecelakaan saat uji coba.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Takbir Panik Warga Menggema

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:28 WIB
X