Pandemi Tumbuhkan Semangat Sosial Masyarakat

- Sabtu, 21 November 2020 | 12:00 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi covid-19 belum juga berakhir hingga saat ini. Harus diakui bahwa banyak masyarakat Indonesia, bahkan dunia yang terdampak dari pagebluk itu. Namun di balik itu semua, ada sisi positif yang terbangun dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang semakin tergugah untuk saling berbagi dengan sesama.

Salah satunya adalah gerakan Senabung atau sedekah nasi bungkus yang digagas oleh Sumarna Surapranata, pemilik Resto d'SDL. Dimana, selama pandemi covid-19 melanda, secara rutin membagikan nasi bungkus kepada warga yang terdampak. "Selama masa pandemi ini kita berikan kepada orang-orang yang kurang beruntung. Kita sebar kebaikan dengan memberikan sedekah kepada kaum dhuafa," ujar Pranata, Jumat (20/11).

Tentunya, kata dia, hal kecil yang dilakukannya itu tidak terlepas dari ajaran agama untuk berbagi kepada sesama umat manusia. Selain hari Jumat, program berbagi itu juga rutin dilakukan setiap Senin dan Rabu. "Setiap momennya kita siapkan 100 kotak nasi, kita berbagi rejeki," imbuhnya.

Dia berharap, kondisi saat ini dijadikan momentum bagi masyarakat yang berkecukupan untuk turut membantu yang tengah mengalami kesusahan. Tentunya dalam bentuk apapun. Tak ingin sendiri dalam melakukan gerakan berbagi makanan untuk sesama, dia juga mengajak masyarakat lain untuk berdonasi.

"Kalau ada masyarakat yang memiliki rejeki lebih dan ingin berbagai, bisa berdonasi melalui kita. Nanti kita olah menjadi makanan dan kita bagikan kepada yang membutuhkan. Semuanya kita buat secara transparan," ajaknya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pandemi harus disikapi secara arif untul saling tolong menolong. "Pandemi dunia ini harus kita hadapi dengan tabah dan tawakal," pesannya

Editor: Andika

Tags

Terkini

X