Mohammad Yamin Sang Pelopor: Rumusan Resolusi yang Elegan itu Bernama Sumpah Pemuda

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:35 WIB
Mohammad Yamin merupakan perumus teks Sumpah Pemuda dalam  Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928. (suaramerdeka.com / dok)
Mohammad Yamin merupakan perumus teks Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928. (suaramerdeka.com / dok)

SUARAMERDEKA.COM - Sumpah Pemuda selalu menjadi hari yang bersejarah bagi masyarakat di Indonesia. Perjuangan para pemuda yang ikut andil dalam menghantarkan Indonesia menuju kemerdekaan.

Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober merupakan hari penting yang mana berkaitan dengan kebangkitan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah.

Sumpah Pemuda merupakan hasil keputusan Kongres Pemuda II dan ikrar ini telah dianggap sebagai semangat untuk meneguhkan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Baca Juga: Gempa Swarm Masih Berpotensi Terjadi, Struktur Rumah Warga Perlu Penguatan Kualitas

Pada Kongres Pemuda II yang berlangsung 27-28 Oktober 1928, Mohammad Yamin berperan penting dalam menyusun teks Sumpah Pemuda dan menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Mohammad Yamin merupakan tokoh pelopor sumpah pemuda. Mohammad Yamin memiliki berbagai macam peran dalam kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, Mohammad Yamin juga dikenal sebagai seorang sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus bahkan ahli hukum, ia juga dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia.

Baca Juga: Genesis Lanjutkan The Last Domino Tour hingga 2022, Termasuk Konser di O2 yang Tertunda

Lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat pada 23 Agustus 1903, anak dari pasangan Usman Baginda Khatib dan Siti Saadah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X