Para Tokoh di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda, WR Supratman Ikut Hadir dalam Kongres

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:11 WIB
Logo Hari Sumpah Pemuda Ke-93. (Dok. Kemenpora)
Logo Hari Sumpah Pemuda Ke-93. (Dok. Kemenpora)

suaramerdeka.com Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan hari dimana para pemuda pada masa penjajahan Belanda menyatukan keyakinan mereka akan tumpah darah, bangsa dan bahasa persatuan.

Keyakinan itulah yang kemudian menjadi asas untuk segera mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Peringatan Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober merupakan keputusan Presiden Soekarno pada 16 Desember 1959 melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Baca Juga: Kelompok UKM di Sleman Didorong Bentuk Koperasi

Kongres Pemuda II 1928 dilaksanakan setelah Kongres Pemuda I yang diadakan 1926 gagal dalam upaya mewujudkan cita-citta persatuan pemuda.

Kongres tersebut juga didorong oleh berbagai peristiwa antara lain, pemberotakan PKI  yang gagal, munculnya pergerakan pemuda kooperatif dan nonkooperatif, hingga berdirinya partai-partai politik dari tahun 1927.

Kongres  Pemuda II 1928 yang diselenggarakan di Gedung Oost Java dihadiri oleh utusan organisasi-organisasi pemuda di tanah air.

Baca Juga: Kangen Wisata Edukasi? Yuk Ikutan Virtual Tour Rori di Museum Sumpah Pemuda

Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Katholikee Jongeline Bond, Pemuda Kaum Betawi, dan Sekar Rukun merupakan organisasi yang menghadiri kongres.

Tak ketinggalan beberapa perwakilan dari Peranakan Tionghoa di Indonesia. Seperti, Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok dan Tjio Dijen Kwie.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB
X