Hari Sumpah Pemuda, Ini Isi Pidato Presiden Soekarno Tahun 1956

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:24 WIB
Ir. Soekarno. (portaljember.pikiran-rakyat.com)
Ir. Soekarno. (portaljember.pikiran-rakyat.com)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tak terasa, Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021 tinggal menghitung hari.

Berkaca pada sejarah, rupanya persiden RI pertama, yakni Ir. Soekarno pernah menyampaikan petuah mengenai Hari Sumpah Pemuda.

Pidato Soekarno soal Sumpah Pemuda ini disampaikan di Semarang pada tanggal 29 Juli 1956, dan njadi salah satu pidato spektakuler yang pernah dibacakannya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut teks pidato Ir. Soekarno dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda kala itu:

Baca Juga: Kapolres Nunukan Dinonaktifkan Usai Videonya Memukul Bawahan Viral di Media Sosial

“Saudara-saudara, Djuga sadja pernah tjeritakan dinegara-negara Barat itu hal artinja manusia, hal artinja massa, massa.”

“Bahwa dunia ini dihidupi oleh manusia. Bahwa manusia didunia ini, Saudara-saudara, “basically” – pada dasar dan hakekatnja – adalah sama; tidak beda satu sama lain.”

“Dan oleh karena itu manusia inilah jang harus diperhatikan. Bahwa massa inilah achirnja penentu sedjarah, “The Makers of History”. Bahwa massa inilah jang tak boleh diabaikan ~ dan bukan sadja massa jang hidup di Amerika, atau Canada, atau Italia, atau Djerman, atau Swiss, tetapi massa diseluruh dunia.”

“Sebagai tadi saja katakan: Bahwa “World Prosperity”, “World Emancipation”, “World Peace”, jaitu kekajaan, kesedjahteraan haruslah kekajaan dunia : bahwa emansipasi adalah harus emansipasi dunia; bahwa persaudaraan haruslah persaudaraan dunia ; bahwa perdamaian haruslah perdamaian dunia ; bahwa damai adalah harus perdamaian dunia, berdasarkan atas kekuatan massa ini.”

“Itu saja gambarkan, saja gambarkan dengan seterang-terangnja. Saja datang di Amerika,- terutama sekali di Amerika – Djerman dan lain-lain dengan membawa rombongan.”

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB

Gunung Semeru Meletus, Takbir Panik Warga Menggema

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:28 WIB
X