Indonesia Terima 684 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca, Dukungan dari Pemerintah Selandia Baru

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:36 WIB
Vaksin AstraZeneca. (suaramerdeka.com / dok)
Vaksin AstraZeneca. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia menerima sebanyak 684 ribu dosis vaksin AstraZeneca dukungan dari Pemerintah Selandia Baru, melalui Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin 25 Oktober 2021 sore.

“Alhamdulillah, Indonesia kembali menerima dukungan kerja sama dose sharing vaccine, dan kali ini adalah dari Selandia Baru, yaitu sejumlah 684.400 dosis vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAX Facility,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin tersebut.

Menlu Retno Marsudi menyampaikan, kerja sama berbagi dosis vaksin atau dose sharing ini merupakan bagian dari komitmen Selandia Baru untuk mendukung program vaksinasi di kawasan Asia Pasifik yang mayoritas dari kerja sama tersebut dilakukan dengan Indonesia.

Selain itu, kedua negara juga telah melakukan sejumlah kerja sama lain di bidang kesehatan, di antaranya untuk meningkatkan kualitas tes Covid-19, meningkatkan kapasitas kesehatan publik, serta meningkatkan ketersediaan peralatan medis di Indonesia.

Baca Juga: Harga Minyak Capai Level Tertinggi Multitahun, Menyusul Pasokan Global yang Ketat

“Saat jumlah kasus di Indonesia sangat tinggi beberapa bulan yang lalu, Selandia Baru mengirimkan peralatan medis seperti ventilator dan [alat] rapid test serta memberikan dukungan tambahan kepada lembaga Eijkman,” paparnya.

Dalam keterangan pers yang juga dihadiri oleh Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Jeffery Burnett ini, Menlu RI pun menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Selandia Baru dalam penanganan pandemi di Indonesia.

“Untuk kolaborasi dan kerja sama yang diberikan selama pandemi ini, atas nama pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah dan rakyat Selandia Baru,” tandasnya.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 AY.4.2 dari Inggris Diwaspadai, Menkes: Kami Terus Monitor Perkembangannya

Sementara itu, Dubes Selandia Baru Kevin Jeffery Burnett menyatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung upaya penanganan pandemi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X