Segitiga Rebana Sediakan 5 Juta Pekerjaan

- Senin, 16 November 2020 | 18:27 WIB
Kawasan Segitiga Rebana (Istimewa)
Kawasan Segitiga Rebana (Istimewa)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengklaim segitiga Pelabuhan Patimban, Subang-Cirebon-Bandara Kertajati, Majalengka bakal menghadirkan jutaan pekerjaan di samping bonus pertumbuhan tinggi.

Dia pun menyebut kawasan yang dilabelinya Segitiga Rebana itu sebagai masa depan Jabar sekaligus sebagai tulang punggung perekonomian nasional di masa mendatang.

"Rebana hadir itu, hitung-hitungannya, akan ada 5 juta pekerjaan dan bonus pertumbuhan 4-5 persen. Tanpa Rebana, sehebat-hebatnya kita, Jabar hanya mentok naik 1 persen, dan jutaan pekerjaan belum bisa dilahirkan," tandasnya secara daring usai membuka West Java Investment Summit 2020, Senin (16/11).

Menurut dia, Rebana sudah mendapat dukungan dari pusat guna dikembangkan termasuk infrastruktur pendukung seperti akses tol dan jalur kereta api. Kawasan itu akan membawahi 13 kota baru. Salah satunya, Subang Smarpolitan yang dalam waktu dekat segera dibangun.

Dengan langkah tersebut, Emil mengaku tak mau menjadikan kawasan tersebut sebagai kumpulan pabrik. Strategi ini diharapkan mampu menghadirkan pembangunan keberlanjutan dan dinamis. Untuk itu, diperlukan komitmen semua pihak.

"Kita sendiri akan mengunci melalui tata ruang. Dalam waktu dekat juga akan dibentuk Badan Otorita Pengelola Rebana. Tentu diperlukan figur berpengalanan, dia sendiri akan setara pejabat eselon 2, guna mengoordinasikan 13  kota baru di Rebana," katanya.

Kota-kota baru itu ditargetkan sudah terwujud dalam rentang antara 10-30 tahun mendatang. Emil sendiri ingin langkah tersebut bisa berjalan cepat guna mengejar manfaatnya. Terlebih, Pelabuhan Patimban segera beroperasi pada Desember mendatang. Akses tol Patimban-Kertajati pun tengah direalisasikan sehingga waktu tempuhnya hanya 30 menit.

Sementara itu, Kepala Kantor Bank Indonesia Jabar, Herawanto menilai realisasi program tersebut perlu dipastikan. Untuk itu, koordinasi di antara elemen yang terlibat perlu dimantapkan.

"Begitu diluncurkan, penting untuk direalisasikan, termasuk menjaga hubungan kabupaten dan kota terutama dalam menyiapakan regulasi yang mendukung, sehingga mempermudah pelaksanaan proyek," jelasnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X