Kebaya Cerminkan Perempuan Indonesia yang Penuh Percaya Diri

- Senin, 16 November 2020 | 01:11 WIB
foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pendiri Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI), Tuti N Roosdiono yang juga Anggota Komisi IX DPR ini mengatakan, bahwa kebaya mencerminkan perempuan Indonesia yang penuh percaya diri, mandiri, tegar tetapi juga lembut dan santun. Pakaian itu bagaikan kulit kedua yang dapat mencerminkan kepribadian penggunanya sekaligus menentukan pandangan orang terhadap pemakainya.
 
"Kebaya bukan hanya sekedar warisan busana yang adi luhung, namun juga cerminan budi luhur, rendah hati, sikap dan tutur kata yang baik," ujarnya.

Rahmi Hidayati yang juga sebagai pendiri PBI mengatakan bahwa gerakan berkebaya, yang sudah marak beberapa tahun terakhir, serta persiapan Kongres Berkebaya Nasional (KBN) yang rencananya akan diadakan secara online dengan melibatkan 1.000 peserta berlatar belakang akademisi, praktisi terkait kebaya, para pengambil kebijakan, dan para penggiat sosial budaya.

"Salah satu lanjutan dari Kongres ini memang kegiatan-kegiatan untuk mensosialisasikan keberadaan kebaya kepada anak muda. Banyak cara yang bisa dilakukan, namun akan lebih kuat gaungnya bila emerintah sudah menetapkan HBN. Paling tidak akan ada hari dimana para perempuan Indonesia dimana pun berada akan mengenakan kebaya, termasuk anak muda," kata Rahmi.
 
Dia juga menjelaskan berbagai kegiatan pengenalan kebaya yang sudah dilakukan PBI baik di dalam maupun di luar negeri, yang ternyata mendapat sambutan baik dari berbagai pihak.

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

Atlet Program Semarang Emas Jalani Tes Fisik

Minggu, 28 November 2021 | 13:41 WIB

Banjir Bandang di Garut, 21 Rumah Rusak

Minggu, 28 November 2021 | 08:42 WIB

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X