Borobudur Maraton 2020 Digelar Hybribd

Biro Kedu
- Sabtu, 14 November 2020 | 19:52 WIB
SM/Dian Nurlita - PERS KONFERENS: Konferensi pers yang diselenggarakan Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, berkolaborasi dengan Harian Kompas satu hari menjelang race.
SM/Dian Nurlita - PERS KONFERENS: Konferensi pers yang diselenggarakan Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, berkolaborasi dengan Harian Kompas satu hari menjelang race.

MUNGKID, Suaramerdeka.com - Satu hari menjelang pelaksanaan Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, berkolaborasi dengan Harian Kompas, menyelenggarakan konferensi pers di Hotel Plataran Heritage. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah secara virtual, Liem Chi An selaku Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Hanawijaya selaku Direktur Bisnis Retail dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, dan Budiman Tanuredjo selaku Wakil Pemimpin Harian Kompas, juga Kepala Disporapar Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon  Lim Chia An, optimis bahwa penyelenggaraan ini merupakan titik balik agar bisa menjadi sebuah event yang lebih besar. “Saya optimis bahwa penyelenggaraan ini merupakan titik balik sehingga Borobudur Marathon bisa menjadi lebih besar lagi, dan berharap masyarakat di Magelang juga siap menerima," ujarnya.

Dengan mengusung semangat kembali Ke Magelang, Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng, membawa pesan untuk terus menjaga eksistensi Magelang, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Pada kesempatan ini Ganjar Pranowo hadir secara virtual, dan secara resmi membuka Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng yang akan diikuti oleh 26 pelari elite dan 9.090 pelari virtual.

“Saya yakin penyelenggara dan semua pendukung yang terlibat mengalami banyak dinamika dalam persiapan ini, tetapi saya juga yakin bahwa penyelenggaraan Borobudur Marathon 2020 dapat menjadi sejarah bagi perlombaan maraton baik di Indonesia maupun di dunia. Bagaimana kita tetap bisa berlari di tengah pandemi dan menjaga roh event Borobudur Marathon 2020 tetap terjaga," imbuh Ganjar.

Ia juga menghimbau juga menyemangati para pelari virtual, untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat berlari serta tetap memonitor kesehatan masing-masing. Sementara itu Kepala Disporapar Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi yang juga hadir dalam kesempatan itu, mengatakan bahwa marathon yang digelar pada tahun ini memiliki sesuatu yang baru tapi beda. "Marathon ini dilakukan dengan pola baru, yakni hybrid dan pertama kali dihelat di Indonesia. Bukan hanya sport tourism saja, tapi juga event-event yang lain bagaimana race sebuah kegiatan ditengah pandemi dengan pengetatan protokol," terangnya.

Sinoeng berharap dengan adanya Borobudur Maraton ini bisa menginspirasi event-event yang lainnya. "Harapannya bukan hanya bisa menginspirasi di Jawa Tengah tapi di Indonesia," kata Sinoeng.

Wakil Pemimpin Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan bahwa kata kunci dalam penyelenggaraan adalah kreatifitas, kolaborasi dan disiplin. Memberikan respon yang tepat terhadap semua tantangan dan hal-hal baru.

"Mempersiapkan Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng tahun ini bukan hal yang mudah. Karena segala sesuatunya adalah hal yang baru bagi semua orang. Oleh karena itu, semuanya pun disiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh atlet agar dapat berlaga dengan maksimal. Bahwa kita semua harus bisa beradaptasi dan terus berinovasi," kata Budiman.

Persiapan menjelang acara pun telah berlangsung intens selama beberapa minggu sebelum penyelenggaraan. Persiapan mendetail terutama dalam menyusun protokol kesehatan untuk diterapkan kepada seluruh atlet, penyelenggara dan kru yang terlibat. Kolaborasi adalah kunci agar  penyelenggaraan Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng dapat berjalan dengan lancar, semakin dikenal dan membawa kebanggaan bagi Indonesia. 

Halaman:

Editor: Biro Kedu

Terkini

X