Hari Pahlawan, Kemensos Bersilaturahmi dan Beri Tunjangan Kehormatan untuk Perintis Kemerdekaan

- Rabu, 11 November 2020 | 12:00 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Momentum Hari Pahlawan menjadi ajang silaturahmi kepada para pahlawan. Pemerintah melalui Kementerian Sosial terus meningkatkan perhatian kepada tokoh yang berjasa besar kepada negara. Sekretaris Jenderal, Hartono Laras, bersilaturahmi dalam rangka Bakti Perintis Kemerdekaan KRMH Soerjowirjohadipoetro (104), di kawasan Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu.

Hartono mengatakan banyak pelajaran berharga yang didapat dari para pejuang. Ia mengharapkan sebagai bangsa tentu tidak hanya pada 10 November untuk mengenang, memberikan penghargaan, menanamkan nilai-nilai semangat kepahlawanan. Tapi, diharapkan sepanjang masa, dan hanya setiap 10 November sebagai momentum dan mengenang, memberi penghormatan dan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan

Tali asih ini secara khusus diberikan di hari pahlawan namun negara juga setiap setiap juga memberikan tunjangan penghargaan kepada perintis kemerdekaan dan juga keluarga pahlawan nasional. Tahun 2020 ini pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan tunjangan kehormatan kepada 587 orang yang telah berjasa besar memperjuangkan kemerdekaan termasuk para keluarga pahlawan  nasional

Sesuai peraturan yang ada, Kementerian Sosial memberikan tunjangan kehormatan dan bantuan kepada mereka yang dinilai memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan bangsa ini.

Baca juga: Hari Pahlawan, Angkat Topi Bagi Para Relawan Covid Tanah Air

Sebanyak 587 orang yang menerima tunjangan dari Kementerian Sosial. Sebesar Rp50 juta per tahun diberilan kepada 90 orang warakawuri/keluarga pahlawan nasional. Kemudian kepada 56 orang Perintis Kemerdekaan dengan nilai sebesar Rp8.692.000 per tahun. Dan  kepada 441 orang janda Perintis Kemerdekaan dengan nilai Rp2 juta per tahun. Selain itu ada tunjangan yang diberikan negara melalui Taspen.

"Masih banyak keluarga perintis kemerdekaan dan keluarga pahlawan   yang tentu terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah, terutama dalam peningkatan kesejahteraan dan bentuk perhatian,” ia melanjutkan.

Anjangsana dilakukan di beberapa rumah keluarga pahlawan. Selain di kediaman H. KRMH Soerjo Wirjohadipoetro, juga ke kediaman janda Pahlawan Nasional Idham Chalid (Ibu Siti Rokayah) dan Perintis Kemerdekaan Wimo Sumanto, dan Nordjin Pandjer.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X