MUI Jateng: Umat Islam Jangan Hanya jadi Konsumen

- Senin, 9 November 2020 | 10:29 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SEMARANG, suarameredeka.com - Ketua Umum MUI Jawa Tengah Dr KH Ahmad Darodji MSi mengungkapkan fakta masih lemahnya kekuatan ekonomi umat Islam di Indonesia termasuk Jawa Tengah. Pelaku ekonomi muslim hanya 10 persen saja dan umat Islam jangan lengah dan sekedar menjadi konsumen tapi harus tangguh sebagai produsen dan marketing.

“Ketertinggalan ini harus disadari dengan cara pemberdayaan terhadap para ekonomi di kalangan muslim serta memunculkan sinergitas yang tinggi untuk meraih pasar yang lebih besar,” kata KH Dariji ketika melantik pengurus Muslim Trade Center (MTC) Jawa Tengah periode 2020-2023, di Resto PAS 135, Citarum 40, Semarang, Minggu (8/11).

Kiai Darodji menegaskan, MTC Jawa Tengah sengaja didirikan oleh tiga pilar strategis, yakni MUI Jawa Tengah bersinergi dengan Kadin Jawa Tengah dan Wali Kota Semarang. Misinya untuk mengangkat para bisnis di kalangan muslim yang masih lemah agar berkembang sehingga ke depan mampu menjadi pelaku-pelaku ekonomi yang tangguh.

Baca Juga: Bappenas-Kemenkeu Serah Terima Satker Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah

“Maka kinerja utama MTC, berperan sebagai komunikator dalam membangun sinergitas bisnis di kalangan muslim,” tambahnya.

Menurut Kiai Darodji, muslim yang kuat ekonominya lebih disukai Allah SWT dibanding muslim yang lemah. MTC Jawa Tengah memiliki potensi besar dan strategis untuk mengangkat para pelaku bisnis di kalangan muslim yang masih lemah.

“Syaratnya jangan mudah putus asa dan harus memiliki semangat tinggi dalam menjalankan program kerja,” tambahnya.

Sejumlah program kerja yang ditelorkan pada raker melalui penguatan kewirausahaan muslim, antara lain menggarap pendirian pusat pendidikan wisata halal muslim, penyusunan panduan kuliner halal, hotel syariah, masjid dan home industri muslim Jawa Tengah. Selain itu memaksimalkan berbagai pelatihan digital dan kewirausahaan untuk menyiapkan peluang ekspor yang semakin terbuka.

Divisi infokom selain menyiapkan data base potensi kewirausahaan juga menyiapkan silaturahmi ke pimpinan media massa. Kemudian bekerja sama menyelenggarakan talkshow di sejumlah TV dan Radio. Memasifkan publikasi di media cetak, online dan elektronik sebagai sosialisasi eksistensi MTC Jawa Tengah

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X