Jawa Tengah Replikasi 3 Inovasi Pelayanan Publik, Penuhi Kebutuhan Masyarakat

- Kamis, 5 November 2020 | 06:15 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.comPemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang merupakan salah satu dari delapan daerah Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) tahun 2020, akan mereplikasi tiga inovasi pelayanan publik. Tiga inovasi yang direplikasi dianggap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Tengah.

Rencana replikasi itu diungkapkan pada acara Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (FRIPP) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rabu (4/11/2020). Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, forum tersebut merupakan salah satu cara dalam menumbuhkan inovasi.

“Salah satu strategi yang kami lakukan dalam pengembangan inovasi adalah penyelenggaraan Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik baik di level regional, nasional, maupun internasional, serta per bidang,” ujarnya dalam Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah secara virtual.

Tiga inovasi yang direncanakan akan direplikasi tersebut yakni inovasi Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu (simPADU-PMI) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, inovasi Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (JALIN MATRA PFK) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, serta inovasi Menggapai Mimpi Sahabat Rimba dari Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan Yogyakarta.

Dijelaskan, replikasi inovasi pelayanan publik didefinisikan sebagai proses keputusan untuk melakukan transfer pengetahuan dalam implementasi gagasan atau ide baru dari praktik baik inovasi pelayanan publik, baik sebagian maupun secara keseluruhan.

Selain Provinsi Jawa Tengah, terdapat tujuh provinsi lainnya yang juga ditetapkan sebagai percontohan Hub JIPP yakni Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Gorontalo. Penetapan delapan provinsi tersebut, melalui Keputusan Menteri PANRB No. 94/2020 tentang Percontohan Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) Pada Pemerintah Daerah Tahun 2020.

Percontohan JIPP tersebut memiliki tugas untuk mengimplementasikan kebijakan pembinaan inovasi pelayanan publik, mulai dari fase pembentukan atau penciptaan inovasi, pengembangan inovasi, hingga pelembagaan inovasi. Diah juga mendorong agar instansi pemerintah di Provinsi, Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dapat mereplikasi inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Ke depannya, yang perlu kita lakukan bersama adalah mereplikasi inovasi-inovasi yang terbukti mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Guru Besar Universitas Sriwijaya tersebut.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Target 8 Kursi, PKB Kota Semarang Gelar Evaluasi

Minggu, 26 September 2021 | 19:45 WIB

CSIS: Komunikasi Politik Airlangga Hartarto Kuat

Minggu, 26 September 2021 | 17:40 WIB
X