Peringatan Hari Santri di MAJT: Selagi Masih Ada Santri, NKRI Tegak Berdiri Berdasar Pancasila

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:45 WIB
Pengurus MAJT mengibarkan bendera Merah Putih saat puncak peringatan Hari Santri Nasional di MAJT, Jalan Gajah Raya Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
Pengurus MAJT mengibarkan bendera Merah Putih saat puncak peringatan Hari Santri Nasional di MAJT, Jalan Gajah Raya Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Santri memiliki peran yang sangat besar dalam mempertahankan agama dan Negara Kesatua Republik Indonesia (NKRI).

Santri sebagai ideologi bertujuan untuk mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan kebinekaan Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah, Prof Dr KH Noor Ahmad MA saat menjadi inspektur upacara Hari Santri Nasional 2021.

Puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-6 Tahun 2021 digelar pimpinan MAJT diikuti sejumlah santri dari berbagai pondok pesantren, tokoh masyarakat juga wartawan.

Baca Juga: UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Ormas Pasukan Garuda Nusantara (PGN) dan FKPPI berbaur dengan para santri mensukseskan upacara HSN di MAJT.

 

Prof Noor Ahmad mengatakan, acuan santri adalah Islam moderat yang selalu menegakkan toleransi kebinekaan.

''Dengan dasar ini, maka apa yang dituangkan dalam janji santri tersebut memperlihatkan bahwa kapan pun selagi masih ada santri, NKRI akan tetap tegak berdasarkan Pancasila dan UUD 45,'' tegas Prof Noor Ahmad.

Prof Noor mengingatkan, santri harus memiliki satu cita-cita yang sangat tinggi, karena ke depan apa yang akan terjadi di Indonesia terkait pertarungan ideologi kita tidak tahu.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X