Beasiswa untuk Atasi Kesenjangan Pendidikan

- Jumat, 30 Oktober 2020 | 12:20 WIB
Ilustrasi istimewa
Ilustrasi istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Berbagai program beasiswa yang ditawarkan, baik oleh institusi pemerintahan maupun pihak swasta, menjadi salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan akses pendidikan.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Kesra, yang juga Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian mengatakan, beasiswa bertujuan untuk mengatasi kesenjangan kelompok masyarakat yang miskin dan kaya. Pasalnya, melalui pendidikan maka perubahan sosial akan lebih terjadi.

Baca Juga: Mahasiwa Tak Mampu dapat Beasiswa Pendidikan

"Kita wajib menyediakan akses pendidikan yang luas bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena itu DPR RI, khusus Komisi X akan mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo yang menginginkan SDM Indonesia makin meningkat," katanya dalam Webinar "Tips  dan Trik Memburu Beasiswa", di Jakarta.

Hetifah menjelaskan data tentang persentase jumlah masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan, yang intinya masih terbesar pada kelompok pendidikan SD yakni 43 persen, SMA 26,4 persen, SMP 21,2 persen dan perguruan tinggi masih 8,8 persen.

"Jadi, akses ke pendidikan tinggi masih terbatas. Kita harus membantu perluasan akses ini," katanya.

Kepala Pusat Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar memaparkan tentang peluang dan tantangan mendapatkan beasiswa. Menurutnya, strategi untuk meraih beasiswa adalah harus sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, dibutuhkan persiapan yang maksimal, serta memasukkan berkas lebih awal.

"Khusus untuk S2 dan S3 di luar negeri, persiapan lebih lama, minimal setahun, harus detil membaca informasi prodi, dan banyak membaca karya professor yang nanti akan menjadi mentor kita," katanya.

Kahar mengungkap banyak informasi beasiswa baik dari dalam maupun dari luar negeri. "Intinya, beasiswa itu pertarungan berebut  kursi. Mereka yang siap yang akan dapat," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

18 Ribu Tenaga Pelacak Dikerahkan

Jumat, 30 Juli 2021 | 01:30 WIB

Ganda Putri Pertama ke Semifinal Olimpiade

Jumat, 30 Juli 2021 | 01:20 WIB

Luhut: Tracing Kunci Utama Penanganan COVID-19

Kamis, 29 Juli 2021 | 20:35 WIB
X