Gedung Menara USM Diresmikan Mahfud MD, Diharap Jadi Pelopor Inovasi

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:30 WIB
Peresmian gedung Menara USM yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Menkopolhukam, Mahfud MD. (suaramerdeka.com / dok)
Peresmian gedung Menara USM yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Menkopolhukam, Mahfud MD. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Gedung Menara Universitas Semarang (USM) yang berada di kompleks kampus diresmikan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) sekaligus Ketua Dewan Penyantun USM, Prof Dr Mahfud MD, pada Kamis 21 Oktober 2021.

Menara ini dinamakan Gedung Prof Muladi untuk mengenang jasa almarhum Prof Dr H Muladi SH selaku pendiri USM yang tutup usia pada akhir 2020 kemarin setelah berjuang melawan Covid-19.

Prof Muladi pernah menjabat sebagai Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro (Undip) yang merupakan badan penyelenggaran USM, sekaligus mantan Rektor Undip dan mantan Menteri Kehakiman (sekarang Menteri Hukum dan HAM).

Menkopolhukam Mahfud MD menuturkan dibangunnya menara USM ini merupakan penanda bahwa kalangan perguruan tinggi terus bergerak maju meskipun pada masa pandemi ini.

Baca Juga: Masih Keturunan Kraton Surakarta, Bupati Kebumen Diberi Gelar KRA H Arif Sugiyanto Wreksonagoro

"Terus bergerak, aktivitas dikembangkan, pendukung dikembangkan. Ini penanda universitas terus berkembang," kata Mahfud saat memberikan sambutan pada acara peresmian gedung Menara USM.

Ia berharap gedung tersebut bisa digunakan semestinya untuk perkembangan civitas akademika USM, sekaligus sejalan dengan visi mereka yakni menghasilkan sumber daya insani beradab serta bersaing secara nasional dan global.

"Dengan begitu, USM bisa menghasilkan sumber daya yang unggul secara keilmuan tapi unggul dan berkarakter. Fasilitas ini bisa digunakan secara optimal sebagai mandat tridarma perguruan tinggi," tegasnya.

Ketua tim pembangunan Menara USM Ir H Soeharsojo IPU melaporkan bahwa pembangunan gedung ini dikerjakan PT Megah Karya Tika Pratama selaku pemenang lelang dan menelan biaya 151 miliar lebih.

Baca Juga: ISORI Tak Ragu dengan Komitmen Menpora Tuntaskan Persoalan Sanksi WADA

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral! Edy Mulyadi Hina Kalimantan, Begini Sosoknya 

Senin, 24 Januari 2022 | 14:34 WIB
X