Menko Airlangga: Upaya Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Sudah Tepat

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:52 WIB
Menko Airlangga Hartarto dan Presiden Joko Widodo (suaramerdeka.com/dok)
Menko Airlangga Hartarto dan Presiden Joko Widodo (suaramerdeka.com/dok)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sejauh ini berbagai langkah yang dilakukan dalam program penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional sudah dilaksanakan secara baik. Pandemi Covid-19 secara umum sudah melandai, bahkan Indonesia segera memasuki fase endemi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) juga berjalan sebagaimana diharapkan.

Semua aktivitas sudah berangsur pulih seperti sebelumnya, hanya memang belum benar-benar 100 persen.

"Terjaganya pertumbuhan ekonomi dan pandemi Covid-19 yang terkendali menjadi bukti tepatnya kebijakan dan program pemerintah,” jelas Airlangga di Jakarta, Kamis, 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Tahun Depan, Indonesia Tuan Rumah World Marketing Forum

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan program pemulihan ekonomi nasional, dapat dijabarkan bahwa per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun.

Program itu sudah terealisasi meliputi bidang kesehatan, untuk perlindungan sosial, kartu prakerja, dukungan UMKM dan koperasi, subsidi bunga KUR, program prioritas, insentif usaha serta pengembalian pendahuluan PPN.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto lebih jauh menuturkan terkait kinerja dua tahun pemerintah, bahwa penguatan pengendalian pandemi berhasil mendorong ekonomi Indonesia untuk tumbuh sebesar 7,07% (yoy) pada kuartal II-2021.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X