Kantongi Komitmen Pusat, Jabar Pede Abis Bisa Permak Kawasan Selatan

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:00 WIB
 Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam acara "West Java Investment Summit 2021" di Bandung, Kamis 21 Oktober 2021 (suaramerdeka.com/dok)
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam acara "West Java Investment Summit 2021" di Bandung, Kamis 21 Oktober 2021 (suaramerdeka.com/dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Menyusul turunnya peraturan presiden soal akselerasi integrasi pembangunan di wilayahnya, Pemprov Jabar optimis dampak kesejahteraan yang ditimbulkan nyata termasuk mampu mengangkat kawasan selatan yang lebih tertinggal dibanding utara.

"Ke depan kemajuan perekonomian Jabar akan luar biasa," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil didampingi Kepala Kantor Bank Indonesia Jabar, Herawanto usai membuka "West Java Investment Summit 2021" di Bandung, Kamis 21 Oktober 2021

Dengan Perpres No 87/2021 Tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan itu, provinsi tetangga Jateng ini akan mendapatkan guyuran dana dari pusat sebesar Rp 400 triliun. Jumlah ini akan diberikan selama tiga tahun.

Baca Juga: Menag Yaqut Ajak Kolaborasi Berbagai Kalangan Perkuat Moderasi Beragama

Komitmen tersebut disambut antuasias Emil. Pasalnya, kebijakan tersebut menjadi kunci pula bagi pihaknya untuk mengamankan minat investasi di wilayahnya yang trennyab dianggap menggembirakan sekali pun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Penggunaannya hampir dibagi rata bagi pengembangan kawasan. Di antaranya untuk memantapkan kualitas infrastruktur sehingga kunci konektivitas tak menjadi persoalan dalam menunjang pertumbuhan. Kawasan selatan sendiri bakal difokuskan pada pengembangan kepariwisataan, kemaritiman, dan pertanian.

Untuk utara, mereka masih mengandalkan Segitiga Rebana --Metropolitan Cirebon Raya-Pelabuhan Patimban Subang-Bandara Kertajati, Majalengka yang diklaim mampu menghadirkan lompatan ekonomi 2-3 persen di samping penciptaan lapangan kerja hingga 5 juta orang.

Baca Juga: Aktivitas Pinjol Ilegal Meresahkan, OJK, Polri dan Kominfo Gencarkan Patroli Siber

"Dari 1.100 peserta WJIS, mayoritas ke utara, ke Rebana. Awal November nanti, Rebana juga bakal dipromosikan di Timteng," kata mantan Walikota Bandung.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X