Menag: Merawat Kebudayaan Harus Terus Dilakukan, Salah Satunya Melalui Pergelaran Wayang

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:28 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beri sambutan sebelum pergelaran Wayang Virtual. (foto: Kementerian Agama)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beri sambutan sebelum pergelaran Wayang Virtual. (foto: Kementerian Agama)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa merawat kebudayaan harus terus dilakukan, salah satunya adalah melalui pergelaran wayang.

"Pendekatan kebudayaan juga bisa menjadi sarana penguatan kehidupan beragama dan berbangsa di Indonesia agar jauh lebih baik," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, dalam sambutannya sebelum pergelaran Wayang Virtual dalam Hari Santri Nasional 2021, Rabu, 20 Oktober 2021.

Menag berharap melalui pergelaran ini dapat menjadi refleksi bagi santri dan masyarakat umum dalam memperkuat harmoni antara agama dan budaya.

Baca Juga: Oknum Polisi Langgar Aturan Saat Bertugas, Tindakan Tegas Kapolri Sudah Menanti

Hal serupa disampaikan pula oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani. Menurutnya,  Pagelaran Wayang dalam momentum Hari Santri bermaksud untuk melestarikan kearifan lokal yang digagas dan diwariskan oleh Walisongo.

"Sunan Kalijaga menyisipkan pesan moral dan dakwah melalui pertunjukan wayang. Melalui wayang, ia membumikan nilai-nilai agama dalam konteks keindonesiaan," ujar Ramdhani.

Dilaksanakan dengan sistem hybrid, Pergelaran Wayang Virtual ini dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu 20 Oktober 2021 dimulai pukul 19:30 Waktu Indonesia Barat dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kementerian Agama. Masyarakat dapat bergabung melalui aplikasi Zoom Meeting.

Baca Juga: Kemenag Luncurkan Buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah pada Masa Pandemi

Pergelaran Wayang didalangi oleh Ki Gondong Al-Frustasi beserta sinden Agnes Sefronzo. Turut hadir pula pelawak Marwoto dalam memeriahkan Pagelaran Wayang Virtual. Diketahui Menag Yaqut Cholil Qoumas pun menyaksikan langsung pagelaran ini dari asrama haji pondok gede.

Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 dengan berbagai kegiatan. Selain pergelaran wayang, dimeriahkan juga dengan kegiatan Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X