Menag: Pertunjukan Wayang Perlihatkan Kembali Nilai-nilai Agama dan Tradisi

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:55 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beri sambutan sebelum pergelaran Wayang Virtual. (foto: Kementerian Agama)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beri sambutan sebelum pergelaran Wayang Virtual. (foto: Kementerian Agama)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa pertunjukan wayang tersebut memperlihatkan kembali nilai-nilai agama hingga nilai-nilai tradisi.

Ditambahkannya, bahwa Indonesia memiliki nilai budaya dan agama yang disimpan dari para leluhur sehingga generasi selanjutnya bisa melestarikan dan menjaga.

"Mudah-mudahan gelaran wayang malam ini menjadi inspirasi bagi anak-anak muda bangsa Indonesia, bahwa kita memiliki budaya, nilai-nilai tradisi, dan nilai-nilai keagamaan yang selalu membimbing masyarakat, dan ini perlu dilestarikan," tambah Menag Yaqut, dalam sambutannya sebelum pergelaran Wayang Virtual di Hari Santri Nasional 2021.

Baca Juga: Kemenag Luncurkan Buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah pada Masa Pandemi

Gelaran wayang tersebut merupakan bagian dari suka cita Kementerian Agama terhadap peran penting santri yang turut memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Santri harus percaya diri, karena santri bisa jadi presiden, wakil presiden, menteri, bupati, dan bisa jadi apa saja. Selamat hari santri, semoga benar-benar menjadi inspirasi," tutup Gus Yaqut.

Selain itu, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa Kementerian Agama mengadakan rangkaian pertunjukan Hari Santri tidak hanya sebagai acara hiburan kebudayaan tetapi juga penyampaian pesan yang memiliki gambaran tersendiri.

Baca Juga: BBM Langka di Sejumlah Daerah, Pemerintah Jangan Anggap Masalah Sepele

Tokoh Semar dalam wayang, bisa menjadi sosok sebagai kiai yang membangun pesantren.

Pesantren tidak hanya sebagai menara gading yang indah, elok dipandang tapi harus bisa sebagai mercusuar yang dibutuhkan bangsa untuk pembangunan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X