Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Edyna Ratna Nurmaya
- Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB
Ilustrasi Hari Santri Nasional (freepik.com)
Ilustrasi Hari Santri Nasional (freepik.com)



SUARAMERDEKA.COM - Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hal ini sesuai dengan keputusan presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Dalam peringatan hari-hari nasional seperti itu, biasanya akan ada upacara peringatan. Dalam upacara tersebut di dalamnya terdapat pembacaan ikrar.

Berikut bunyi dari Ikrar Santri Indonesia.

1. Sebagai Santri NKRI, berpegang teguh pada aqidah ajaran nilai dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jamaah.

2. Sebagai Santri NKRI, bertanah air satu, tanah air Indonesia, berideologi negara satu, ideologi Pancasila, berkonstitusi satu, UUD 1945, berkebudayaan satu, kebudayaan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Tersangka GSR, Perdaya 208 orang Ikut Arisan Online, Total Kerugian Lebih dari Rp 2 Miliar 

3. Sebagai Santri NKRI, selalu bersedia dan siap siaga menyerahkan jiwa dan raga membela tanah air dan bangsa Indonesia, mempertahankan persatuan dan kesatuan nasional serta mewujudkan perdamaian abadi.

4. Sebagai Santri NKRI, berperan aktif dalam pembangunan nasional, mewujudkan kesejahtraan lahir dan batin untuk seluruh rakyat Indonesia yang berkeadilan.

5. Sebagai Santri NKRI, pantang menyerah, pantang putus asa serta siap berdiri di depan melawan pihak-pihak yang akan merongrong Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, serta konstitusi dasar lainnya yang bertentangan dengan semangat proklamasi kemerdekaan dan resolusi jihad Nahdlatul Ulama.

(Mg5)***

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Takbir Panik Warga Menggema

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:28 WIB
X