Terorisme Masih Ancaman Besar, Bahaya Jika Densus 88 Dibubarkan

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:48 WIB
Moh Nururuzzaman. (suaramerdeka.com / dok)
Moh Nururuzzaman. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor menolak keras usulan tentang pembubaran Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror Polri sebagaimana yang disampaikan anggota DPR Fadli Zon.

Ansor menilai, peran dan tugas Densus 88 masih banyak dibutuhkan Indonesia, khususnya untuk mengatasi potensi ancaman aksi terorisme saat ini.
 
“Dari pemetaan Ansor, potensi terorisme di Indonesia masih tinggi. Bahkan orang yang ingin melakukan aksi kekerasan termasuk menjadi pelaku bom bunuh diri juga tidak sedikit. Situasi ini harus dipahami dengan jernih, tidak asal minta pembubaran tanpa argumen kuat,” tegas Kepala Densus 99 GP Ansor Mohammad Nuruzzaman di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Nuruzzaman mengatakan, Densus 88 Anti-teror dibentuk sebagai upaya negara memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bahaya terorisme.

Baca Juga: Pencurian Data dari Aplikasi Pinjaman Online, Ini Tips Pencegahan dari Pakar UGM

Sejak resmi dibentuk pada 2003 antara lain melalui UU No 13/2003 dan Skep Kapolri No 30/VI/2003, Densus 88 telah bekerja dengan baik.

Bukti tersebut antara lain ditandai dengan keberhasilan tim Densus yang berulangkali menangkap sejumlah pelaku terorisme di berbagai tempat.

Bahkan, Densus 88 juga berhasil mencegah upaya aksi kekerasan yang telah direncanakan matang oleh para teroris.

Kecermatan tim Densus dalam mengendus rencana aksi para pelaku teroris ini perlu mendapat apresiasi karena bisa mencegah timbulnya banyak korban jiwa.

Baca Juga: Jadi Ketua Tim Akselerasi dan Investigasi Kemenpora, Ini Langkah Pertama Raja Sapta Oktohari

"Namun diakui di beberapa kasus Densus 88 masih kecolongan seperti terakhir aksi bom gereja di Makassar Maret 2021 lalu. Tapi jika Densus dibubarkan, para pelaku terorisme jelas akan semakin tambah leluasa,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X