Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Usulkan Tol Solo-Yogyakarta Diperpanjang

- Senin, 19 Oktober 2020 | 07:21 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santosa menyampaikan, panjang Tol Solo-Yogyakarta yang merupakan proyek strategis nasional, diajukan untuk diperpanjang. Pengajuan perpanjangan, sampai Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.

"Pengajuan perpanjangan panjang Tol Solo-Yogyakarta, dimaksudkan agar mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi Jateng-DIY," kata Hadi.

Tol Solo-Jogja diusulkan diperpanjang dari rencana awal sepanjang 40,5 kilometer menjadi 97 kilometer, melewati YIA. Usulan melewati YIA sebagai bagian kepentingan strategis untuk menghubungkan tiga bandara internasional yang ada di Jateng-DIY.

"Proses usulan menunggu perubahan Perpres yang sudah sampai di Kementrian sekretaris negara," tuturnya.

Baca Juga: PPJT dan Penjaminan Proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Ditandatangani

Menurut politisi PKS ini, proses penentuan lokasi sudah selesai, baik untuk Jateng maupun DIY. Ia melanjutkan, untuk Yogyakarta yang semula hanya sampai Sleman maka diharapkan dengan adanya revisi panjang tol akan segera keluar penentuan lokasi untuk wilayah Bantul dan Kulonprogo. 

Proyek Tol Solo-Yogyakarta ini akan terbagi menjadi tiga seksi, yakni seksi satu Kartosuro - Purwomartani sepanjang 42,37 kilometer, seksi dua Purwomartani - Gamping 23,42 kilometer, dan seksi tiga Gamping-Purworejo 30,77 kilometer. Tiga seksi ini akan dilengkapi sembilan pintu tol, yakni Kartosuro, Karanganom, Klaten, Prambanan, Purwomartani, Gamping, Sentolo, Wates, NYIA Kulonprogro, dan Purworejo.

"Desember ini akan dimulai seksi satu dari Ngasem Colomadu sampai dengan Purwomartani Sleman,” tambahnya.

Baca Juga: Dorong Padat Karya, Pengerjaan Tol Solo-Yogyakarta Segera Bergulir

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB

Ini 4 Quotes Para Tokoh Terkait Peringatan 1 Abad NU

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:42 WIB
X